Inovasi Pertamina Boyong Penghargaan Bergengsi di ISIF Turki

Inovasi Pertamina Boyong Penghargaan Bergengsi di ISIF Turki
Inovasi Pertamina Boyong Penghargaan Bergengsi di ISIF Turki/Sumber: Pertamina

Pertamina Innovation memboyong penghargaan bergengsi di ajang 4th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang diselenggarakan di International Istanbul Atatürk Airport, Turki, 17-22 September 2019.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, Pertamina Innovation berhasil mempertahankan gelar The Best International Invention Award, penghargaan tertinggi pada ajang ISIF selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

“Tahun ini, penghargaan tertinggi diraih oleh PC PROVE SAMS dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan inovasinya yang berjudul Improving the Effectiveness of Operations and Maintenance for Production Facilities through S.A.M.S (Seamleass Aset Management System), berbasis android dan terintegrasi dengan sistem MySAP. Inovasi tersebut juga memboyong 2 (dua) special award dari Romanian Inventir Forum (negara Romania) dan special award dari Asosiasi Iran,” ujar Fajriyah Usman dalam keterangan resmi, Minggu 23 September 2019.

Baca juga: Pertamina Kirim 6 Mitra Binaan Tampil di Caexpo 2019

Kegiatan ini diikuti oleh 25 negara seperti United Kingdom, Romania, Portugal, Iran, Morocco, termasuk berbagai perusahaan, researchers dan universitas dari seluruh dunia dengan total peserta lebih dari 300 institusi.

ISIF merupakan pameran dan kompetisi inovasi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Industry and Technology Turki, Turkish Patent and Trademark Office (TÜRKPATENT), di bawah naungan International Federation of Inventors' Association (IFIA) serta didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dan European Patent Office(EPO).

“Ini bagian dari Continuous Improvement Program (CIP) Pertamina. Kami berharap capaian ini tidak saja jadi kebanggaan, tetapi juga menginspirasi seluruh pekerja Pertamina untuk terus melakukan improvement dan menciptakan inovasi baru demi mendukung kinerja perusahaan,” ujar Fajriyah.

Selain itu, Pertamina Innovation juga berhasil menyabet 2 medali emas yang salah satunya berasal dari PC PROVE Gastech dari fungsi Upstream Technical Center (Direktorat Hulu) dengan judul inovasi “Improving the Success Ratio of Hidden Geothermal Exploration using PertaGASTECH vPL-17 in Karaha Geothermal Field Pertamina Geothermal Energy”, special award pun juga berhasil didapatkan dari Asosiasi Morocco (OFEED) dan Asosiasi Romania.

Tidak berhenti sampai di situ, lanjut Fajriyah, PT Elnusa (Tbk) selaku anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang diwakilkan oleh PC PROVE LAUT BIRU diganjar penghargaan Medali Emas dan special award dari Asosiasi Croatia serta Portugal dengan inovasinya berupa Boom Crane Smart Basket.

Perwakilan dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) pun turut membanggakan Pertamina Innovation dengan inovasinya berupa “Pneumatic Slip Lifter” yang berhasil mendapatkan medali perak sekaligus 2 (dua) special award dari Asosiasi United Kingdom dan Portugal.

VP Quality, System & Knowledge Management PT Pertamina (Persero), Annisrul Waqie menyatakan keberhasilan Pertamina Innovation di ajang 4th ISIF Turki 2019 merupakan salah satu bukti atas ekselensi Pertamina secara Global mengingat acara tersebut diikuti oleh beberapa negara besar dan dikunjungi oleh 6.000-10.000 visitor setiap harinya.

“Keberhasilan karya inovasi Pertamina dalam event internasional ini menunjukkan ekselensi Pertamina secara global, dan ini dapat menjadi modal bagi perusahaan dan insan mutu Pertamina khususnya untuk lebih confident dalam merespon tantangan dan persaingan bisnis” pungkasnya.

Baca juga: Inovasi Waring , Cara PHE ONWJ Lindungi Pesisir Kawasan Konservasi Mangrove