INKA Ramaikan Hari Jadi Kota Madiun dengan Budaya Kontemporer

INKA Ramaikan Hari Jadi Kota Madiun dengan Budaya Kontemporer
Iring-iringan karnaval kendaraan hias PT INKA/Sumber: INKA

PT INKA (Persero) turut meramaikan Charismatic Night Carnival yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Madiun ke - 101 oleh Pemerintah Kota Madiun, Jumat 21 Juni 2019. Berbeda dari tahun sebelumnya, karnaval yang digelar pada malam hari ini mengusung konsep budaya kontemporer.

Dalam kesempatan ini, PT INKA mengikutsertakan para seniman dari Kota Madiun berupa Dongkrek dan pawai budaya yang pesertanya terdiri dari karyawan PT INKA.

Baca juga: INKA Akan Rampungkan 448 Unit Kereta Pesanan KAI

SM Sekretariat, Humas & PKBL PT INKA (Persero), Hartono menjelaskan bahwa keiikutsertaan kali ini selain memeriahkan Hari Jadi Kota Madiun ke - 101, juga untuk mengangkat budaya lokal agar lebih terdengar keberadaannya. Hiasan lampu dan pernak-pernik budaya turut meramaikan tim pawai budaya PT INKA.

“Keikutsertaan kami dalam Charismatic Night Carnival ini untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Madiun ke 101 ini, dengan menampilkan kesenian Dongkrek yang merupakan budaya lokal di daerah Madiun sekaligus,” jelas Hartono dalam keterangan resmi, baru-baru ini.

Dengan konsep ini, menurut Hartono, perusahaan mencoba mengangkat kesenian daerah setempat untuk bisa tampil dalam acara-acara besar seperti ini.

Sebagai informasi, Kesenian Dongkrek sendiri merupakan seni yang menampilkan bunyi dari dua alat musik tradisional yang mengiringinya, yakni bunyi dung berasal dari beduk atau kendang dan krek dari alat musik yang disebut korek.

Fragmentasi kesenian ini menampilkan pertarungan seru dalam kehidupan, antara kebaikan dan kejahatan. Ada orang bajik bertarung dengan buto yang hendak menusukkan keburukan.

Baca juga: INKA Lirik Market Kereta Api di Afrika Selatan