INKA Ekspor 2 Rangkaian Kereta DMU ke Filipina

INKA Ekspor 2 Rangkaian Kereta DMU ke Filipina
Delegasi PNR dan Direktur Utama PT INKA (Persero, Budi Noviantoro beserta beberapa GM melakukan peninjauan pengiriman DMU Ekspor ke Filipina, Sabtu 30 November 2019/Sumber: PT INKA:

PT INKA (Persero) mulai melakukan pengiriman 2 rangkaian kereta Diesel Multiple Unit (DMU) ke Filipina di Pelabuhan Jamrud Tanjung Perak Surabaya, Sabtu 30 November 2019.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Minggu 1 Desember 2019 dijelaskan, pengiriman Kereta pesanan Philippine National Railways (PNR) ini merupakan ekspor batch 1 dari beberapa pesanan kereta yang dibuat di pabrik kereta api Madiun ini.

Diperkirakan, DMU Filipina akan sampai di Pelabuhan Manila diperkirakan pada tanggal 7 Desember 2019. INKA juga akan mengirim secara bertahap pesanan kereta lain hingga Februari 2020.

DMU Filipina ini memiliki spesifikasi 1 rangkaian terdiri dari 3 kereta. Dengan desain kursi berhadap-hadapan menunjang kapasitas angkut penumpang untuk rute dalam kota, yakni antar Stasiun Tutuban ke Stasiun Alabang. Nilai kontrak 2 DMU tersebut sebesar 485 juta Peso atau Rp134 miliar.

Selain 2 rangkaian DMU ini, PT INKA (Persero) juga sedang memproduksi pesanan dari Philippine National Railways (PNR) lainnya antara lain 4 DMU dengan nilai kontrak 1 miliar Peso atau Rp296 miliar, serta 3 lokomotif dan 15 kereta penumpang dengan nilai kontrak 1,3 miliar Peso atau Rp362 miliar.

Sehingga keseluruhan nilai kontrak yang diraih PT INKA untuk pengadaan kereta Philippines National Railways sejumlah Rp792 miliar.

Perlu diketahui, Filipina melakukan pesanan kereta DMU ini sebanyak tujuh rangkaian, lalu 10 unit kereta penumpang dan tiga unit lokomotif.

Adapun, pembelian kereta dari INKA ini akan digunakan PNR untuk sejumlah rute kereta Filipina seperti jalur komuter selatan dari Tutuban hingga Alabang.

Dengan pembelian ini PNR akan menambah 18-20 perjalanan kereta di jalur tersebut, sehingga mengurangi kemacetan di Kota Manila.

Baca juga: Menristek Puji Kualitas Kereta Garapan PT INKA