INKA dan Perencana Dingin Malaysia Teken Kerja Sama

INKA dan Perencana Dingin Malaysia Teken Kerja Sama
Penandatanganan kerja sama antara Pegadaian dan Perencana Dingin SDN BHD/Sumber : Pegadaian

PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan perjanjian kerja sama dengan perusahaan asal Malaysia yakni Perencana Dingin SDN BHD.

Kerja sama antara dua perusahaan ini mengambil inisiatif memperoleh lisensi unit Air Conditioning (AC) dari INKA yang akan diproduksi ulang di Malaysia dengan merek 'DINGIN-INKA AC'.

Baca juga: Pemerintah Argentina Tertarik Dengan Kereta Buatan INKA

Presiden Direktur INKA, Budi Noviantoro mengatakan, adanya kerja sama ini menunjukkan bahwa perusahaan maupun negara berkomitmen untuk percepatan pengembangan bisnis yang menguntungkan industri kereta api di kawasan Asia Tenggara. Di mana, Indonesia dan Malaysia sendiri sedang gencar dalam membangun infrastruktur berbasis rel.

"Intinya kami bekerja sama untuk masuk pasar ASEAN bersama-sama dengan Perencana Dingin gitu kira-kira. Jadi ada tahapan. Karena memang INKA ini sudah memiliki pabrik aset di sana ke depan seperti itu. Kalalu buat di sini pasti kalau ngirim ada cost, kalau nanti buat di sana kenapa tidak untuk masuk pasar ASEAN. Jadi nanti kita sama-sama untuk produksi barang di sana," kata Budi Noviantoro dalam keterangan resmi, Selasa 27 Agustus 2019.

Sementara itu, Direktur Bisnis Perencana Dingin SDN BHD, Azwan Omar menyampaikan kesepakatan lisensi ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua negara ini. Hal ini juga menunjukkan komitmen perusahaan dan INKA pada industri kereta api.

"Melalui penandatanganan kesepakatan ini, Perencana Dingin akan mendirikan pusat manufaktur pertama di Malaysia untuk unit pendingin Rolling Stock," pungkasnya.

Baca juga: PT INKA Mulai Kirim 200 Kereta Untuk Bangladesh Railway