Inilah Manfaat SPBU Kompak Pertamina di Suoh Lampung Barat

Inilah Manfaat SPBU Kompak Pertamina di Suoh Lampung Barat

PT Pertamina (Persero) kembali mengimplementasikan komitmennya dalam berkontribusi bagi negeri dengan memberikan kemudahan bagi warga Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh di Lampung Barat. Sejak 18 September 2018 lalu, masyarakat sekitar Souh tidak lagi perlu khawatir kesulitan mendapatkan bahan bakar dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Karena sejak beroperasinya SPBU Kompak 26.348.05, selain dapat menikmati Premium dan Solar dengan harga terjangkau, masyarakat juga memiliki pilihan untuk menggunakan Pertalite dan Dexlite untuk kendaraan mereka dengan harga yang sama dengan wilayah lain di Lampung.

SPBU Kompak 26.348.05 ini beroperasi di wilayah Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel dengan titik suplai dari Terminal BBM Panjang, Lampung. Meski proses pendistribusiannya terbilang sederhana karena penyaluran dilakukan menggunakan truk tangki dengan jarak 171 Km dan waktu tempuh sekitar 6 jam, medan yang kurang bersahabat bisa menjadi tantangan tersendiri.

Di beberapa titik, akses menuju SPBU Kompak 26.348.05 di Suoh cukup berbahaya untuk dilalui. Medan yang berbukit dan adanya jalan yang masih berupa tanah menjadi sangat berbahaya dan licin untuk dilalui, apalagi jika hujan turun. Kondisi inilah yang harus dihadapi oleh para Awak Mobil Tangki (AMT), terkadang truk tangki yang mereka kendarai harus berhenti dan menunggu untuk dapat masuk ke Suoh.

“Sesulit apapun kondisi dan medan yang rekan-rekan AMT tempuh, kami pastikan BBM tetap disalurkan menuju SPBU Kompak di Suoh, itu adalah tanggung jawab kami untuk menyediakan energi bagi masyarakat. Tantangan tersebut tentunya akan kami mitigasi alternatifnya agar penyaluran tetap lancar, karena keselamatan tetap menjadi prioritas kami,” kata Pjs. Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel, Taufikurachman, dalam keterangannya yang dilansir laman Pertamina, Sabtu (27/10/2018).

Taufik menambahkan, saat ini manfaat dari SPBU Kompak 26.348.05 di Suoh sudah dinikmati oleh masyarakat. Berdasarkan data realisasi konsumsi, sejak beroperasinya SPBU Kompak di Suoh hingga saat ini, Pertamina telah menyalurkan sebanyak 200 Kilo Liter (KL) BBM, untuk jenis Premium 104 KL, Bio Solar 40 KL, Pertalite 48 KL, dan Dexlite 8 KL.

“Ini menunjukkan betapa signifikannya kehadiran SPBU Kompak 26.348.05 bagi masyarakat di Suoh. Harapan kami selain dari penyaluran yang tepat, SPBU Kompak ini bisa menjadi sumber energi baru bagi masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian di daerah tersebut,” ujar Taufik.(DD)