Indika Energy Teken Proyek Awak Mas

Indika Energy Teken Proyek Awak Mas
Gedung Indika Energy / Sumber: Indika Energy

PT Indika Energy Tbk (Indika Energy), atau melalui anak perusahaannya, PT Indika Mineral Investindo menandatangani non-binding term sheet (Term Sheet) dengan Nusantara Resources Limited (Nusantara) terkait Proyek Awak Mas (Proyek).

Managing Director & CEO Indika Energy, Azis Armand mengatakan penandatanganan ini merupakan langkah lanjutan dari investasi strategis Indika Energy di Nusantara.

“Hal ini adalah bagian dari usaha Indika Energy dalam melakukan diversifikasi di sektor non-batubara dan hal ini kami lakukan melalui sinergi dengan anak perusahaan kami (Petrosea),” tutur Azis dalam keterangan resmi, Senin 9 Desember 2019.

Sementara itu, Executive Chairman Nusantara, Greg Foulis mengatakan pihaknya menyambut baik penandatanganan Term Sheet yang dilakukan.

“Seluruh jajaran direksi Nusantara menyambut baik pencapaian dari kesepakatan dengan partner kami Indika Energy yang menjadi tonggak transformasi dan dengan ini menunjukkan kepada seluruh pemangku kepentingan nilai dari proyek dan kejelasan pendanaan proyek,” tambah Greg.

Lebih lanjut, Greg percaya dengan dukungan para pemegang saham utama, Nusantara akan dapat menyelesaikan perjanjian-perjanjian dengan Indika Energy dan Petrosea pada awal 2020 dan melanjutkan aktivitas pembangunan Proyek secara signifikan

Saat ini Indika Energy memiliki 21,02% saham di Nusantara. Berdasarkan Term Sheet ini, Indika Energy dapat berpartisipasi hingga US$40 juta untuk kepemilikan sampai dengan 52,6% secara langsung maupun tidak langsung di PT Masmindo Dwi Area (project company) - yang di mana saat ini dimiliki sepenuhnya oleh Nusantara.

Proyek ini juga akan melibatkan salah satu anak perusahaan Indika Energy lainnya, PT Petrosea Tbk yang akan bertindak sebagai kontraktor untuk pengerjaan Front End Engineering and Design (FEED) dan, selanjutnya, Engineering, Procurement and Construction (EPC) setelah diselesaikannya proses FEED serta tunduk pada pemenuhan beberapa persyaratan yang disepakati oleh para pihak.

Baca juga: Indika Energy: Dari Batubara Hingga Tambang Emas