Incar Dana Hingga 4 Triliun, 2 Anak Usaha WIKA Siap IPO

Incar Dana Hingga 4 Triliun, 2 Anak Usaha WIKA Siap IPO

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana membawa dua anak usaha untuk melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini. Kedua anak usaha tersebut adalah PT Wijaya Karya Realty dan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi.

Menurut Steve Kosasih, Direktur Keuangan WIKA, perusahaan akan membawa Wijaya Karya Realty melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) pada semester pertama tahun 2019. Steve menambahkan, WIKA Realty akan IPO dengan menggunakan buku periode 2018. Target dana yang diincar berkisar Rp1,5 triliun – Rp2 triliun.

Baca juga: Wijaya Karya Industri & Konstruksi Dapat Suntikan Rp1,08 Triliun dari Induk Usaha

Untuk Wijaya Karya Industri dan Konstruksi direncanakan akan IPO pada semester dua tahun 2019. Dana yang diincar tidak jauh berbeda dengan WIKA Realty. “Kalau masing-masing antara Rp1,5 triliun sampai Rp2,5 triliun rata-rata sekitar Rp4 triliun,” ujar Steve Kosasih di Jakarta.

Selain WIKA sendiri yang sudah melantai di BEI dengan kode saham WIKA, dua anak usaha lain yang sudah IPO adalah PT WIKA Beton Tbk dan PT WIKA Bangunan Gedung Tbk.

WIKA Realty adalah anak usaha WIKA yang berfokus pada bidang realty dan pembangunan properti yang juga mencakup jasa konsultasi, perencanaan, konstruksi dan jasa lanskap.

WIKA Realty telah mengembangkan beberapa perumahan sejak tahun 1985. Pada tahun 2001, WIKA Realty melakukan diversifikasi usaha. Sebelumnya hanya fokus sebagai pengembang, dan kini terdapat tiga bidang usaha yakni pengembangan realty, manajemen properti dan jasa konstruksi.

Baca juga: WIKA Kirim 311 Pekerja ke 3 Negara