Inalum Tanam 250 Ribu Pohon untuk Reboisasi Danau Toba

Inalum Tanam 250 Ribu Pohon untuk Reboisasi Danau Toba
Inalum tanam 250 ribu pohon di Danau Toba (Sumber: inalum.id)

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) melakukan penghijauan Danau Toba. Penghijauan dilakukan dengan penanaman sejuta pohon di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dalam kegiatan penanaman pohon yang bertajuk “Sejuta Pohon Untuk Masa Depan” tersebut, Inalum ikut serta menanam sebanyak 250 ribu pohon. Partisipasi Inalum ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap penghijauan Danau Toba.

“Komitmen Inalum adalah untuk terus berperan aktif dalam penghijauan Danau Toba, karena bagaimanapun Danau Toba ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat Sumatera Utara tak terkecuali Inalum,” ungkap Ismadi YS Jenal, Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum dilansir dari rilis resmi perusahaan (16/10).

Polda Sumut sendiri telah mengumpulkan sebanyak 23 perusahaan untuk berpartisipasi dalam penyediaan sejuta bibit pohon. Jenis-jenis pohon yang ditanam adalah pohon-pohon yang memiliki nilai produktif dan ekonomi bagi masyarakat seperti Pohon Macademia, Durian, Mangga dan beberapa jenis pohon lainnya.

Senada dengan usulan Polda Sumut, Inalum menyerahkan 10.000 batang bibit pohon yang terdiri dari 2.000 pinus, 2.000 Macedemia, 3.000 Mangga dan 3.000 Alpukat secara simbolis. Selain berpartisipasi dalam penanaman sejuta pohon dengan Polda Sumut, Inalum juga menandatangani Nota Kesepakatan untuk terus menjaga kesinambungan penanaman pohon tersebut.

“Kami harap program penanaman pohon ini dapat selesai tepat waktu pada Oktober 2020 sehingga masyarakat sekitar Danau Toba dapat segera merasakan manfaatnya,” pungkas Manager Hubungan Masyarakat Inalum, Bambang Heru Prayoga dalam rilis resmi perusahaan (16/10).

Pemerintah pun telah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu tempat wisata yang harus diperhatikan. “Danau Toba luar biasa indah, banyak yang bisa kita nikmati keindahan alamnya. Danau Toba selama ini telah memberikan kontribusi buat perekonomian di sekitar kawasan Danau Toba,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto.

Baca juga: Inalum Bidik Produksi 1 Juta Ton Alumunium di 2025