HUT RI ke-75, Pos Indonesia terbitkan Empat Seri Prangko 

HUT RI ke-75, Pos Indonesia terbitkan Empat Seri Prangko 
Peluncuran prangko seri HUT Ri ke 75 (Sumber: dok. {os Indonesia)

Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, PT Pos Indonesia meluncurkan empat seri baru prangko. Keempat seri tersebut adalah Bersatu Melawan Covid-19, Musik Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden serta 75 Tahun Indonesia Merdeka.

Prangko tersebut resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin pada tanggal 19 Agustus 2020, secara daring dari Istana Wakil Presiden RI. Peluncuran juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W. Setijono.

Menurut Gilarsi W. Setijono, prangko memliki banyak fungsi selain sekedar menjadi alat pembayaran. Prangko juga menjadi media visualisasi produk kebudayaan dan peradaban masyarakat Indonesia.

“Prangko bukanlah sekedar pengganti alat bayar resmi semata, tetapi juga merupakan dokumen yang lahir dari sebuah keputusan Negara,” jelasnya.

Prangko seri Bersatu Melawan Covid-19 terinspirasi dari perjuangan para tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19. Mereka berkorban waktu bahkan kesehatannya sendiri untuk menyembuhkan pasien.

Satu set prangko berbentuk se-tenant ini terdiri dari 3 keping, dan masing-masing bernominal 3,000. Prangko ini menjadi unik karena terdapat serial number pada setiap fullsheet prangkonya.

Tidak hanya itu, tanda keaslian dan pengamanan prangko ini ditampilkan secara unik, berupa gambar virus COVID-19 yang dicetak dengan invisible ink. Gambar tersebut tidak dapat dilihat dengan kasat mata tetapi harus menggunakan alat khusus atau di bawah sinar lampu ultra violet.

Prangko dengan seri MUSIK INDONESIA dibuat untuk mengapresiasi perkembangan musik di Indonesia. Beberapa musisi yang ditampilkan dalam prangko ini di antaranya Sudarwati (Titiek Puspa), Soedjarwoto Soemarsono (Gombloh), Chrismansyah Rahadi (Chrisye) dan Gesang Martohartono (Gesang). Ada pula beberapa legenda group music seperti Koes Bersaudara & Koes Plus, Panbers, Good Bless serta Bimbo & Iin.

Sementara itu, prangko seri “Presiden dan Wakil Presiden” menampilkan tokoh presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Terakhir, prangko seri “75 Tahun Indonesia Merdeka” bergambar Kepulauan Indonesia dengan nuansa Merah-Putih. 

Baca juga: Dukung Perlindungan Pekerja Migran Indonesia,Kementerian BUMN dan BP2MI Teken MOU