Hore! LRT Jakarta Kini Terintegrasi dengan Transjakarta

Hore! LRT Jakarta Kini Terintegrasi dengan Transjakarta
Ilustrasi LRT Jakarta (Sumber: IG @lrtjkt)

Kabar gembira bagi para pengguna LRT Jakarta karena mulai Jumat (26/07) ini, moda transportasi tersebut resmi terintegrasi dengan TransJakarta. Layanan terintegrasi pertama kali dilakukan di Stasiun Velodrome yang terhubung dengan Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

Dikutip dari rilis resmi LRT Jakarta, integrasi tidak hanya dilakukan dari segi fisik tetapi juga rute dan sistem pembayaran. Dari segi fisik, terdapat Skybridge yang menghubungkan Stasiun LRT Velodrome dengan Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

Jembatan yang telah rampung dibangun pada 21 Juni 2019 tersebut memungkinkan pengguna LRT Jakarta berjalan langsung ke halte bus. Sebelumnya, pengguna LRT harus keluar stasiun terlebih dahulu dan menyebrang jalan menuju ke halte tersebut.

Baca juga: Upperline Rasakan Serunya Naik LRT Jakarta

Sedangkan dari sisi rute, Stasiun Velodrome terkoneksi langsung dengan Transjakarta koridor empat dengan rute Dukuh Atas – Pulogadung dan sebaliknya. Dukuh Atas sediri merupakan Halte Transjakarta yang sangat strategis karena teletak di pusat kota.

Halte Dukuh atas juga menjadi halte transit yang terhubung dengan berbagai titik di Jakarta. LRT Jakarta dengan dukungan Dinas Perhubungan DKI bertekad mempersingkat waktu tempuh Kelapa Gading – Sudirman menjadi kurang dari satu jam.

Sementara dari sisi pembayaran, mulai hari ini penggunaan Kartu Uang Elektronik (KUE) sudah dapat digunakan di lima stasiun LRT Jakarta. Setiap perjalanan, saldo kartu akan terpotong sebesar 2.000 rupiah. Saldo yang terpotong tersebut akan dikembalikan lagi ketika penumpang telah menyelesaikan perjalanannya.

Pemotongan saldo pada kartu bank diperlukan untuk menguji settlement pembayaran. Selain itu, juga diperlukan untuk memastikan bahwa sistem pada gate dapat berfungsi dengan baik dan akurat.
 
Titik integrasi pembayaran yang pertama akan tersedia pada Gate Integrasi Skybridge Stasiun Velodrome menuju Halte Pemuda Rawamangun. Di gate ini berlaku tarif ‘combo’ LRT Jakarta dan Transjakarta khusus bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan baik dari Transjakarta menuju LRT Jakarta maupun sebaliknya.

Caranya pun cukup mudah, penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta diminta untuk menggunakan kartu bank pada saat tap in di gate awal stasiun. Saat ini, pembayaran integrasi baru bisa dilakukan menggunakan kartu bank.

Beberapa kartu yang dapat dipakai adalah produk dari  Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, dan Bank DKI. Adapun layanan integrasi Skybridge ini beroperasi sesuai dengan jam operasional kereta LRT Jakarta, yakni dari pukul 05.30 sampai dengan 23.00.

Baca juga: Adhi Karya Klaim Telah Rampungkan 64% Proyek LRT Jabodebek Tahap I