HK Realtindo dan Pemkab Kembangkan Kawasan Pasar Besar Tuban

HK Realtindo dan Pemkab Kembangkan Kawasan Pasar Besar Tuban
Pemancangan batu pertama (groundbreaking) HA-KA Style Tuban yang dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Tuban, Fathul Huda/Sumber: HK Realtindo

PT Hutama Karya (Persero) melalui anak perusahaannya, PT HK Realtindo (HKR) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban akan mengerjakan proyek pengembangan Kawasan Pasar Besar Tuban menjadi kawasan dagang terpadu, ramah lingkungan, dan modern bertajuk 'HA-KA Style Tuban'
Kerja sama ditandai dengan pemancangan batu pertama (groundbreaking) yang dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Tuban, Fathul Huda beserta jajaran pejabat Pemkab Tuban, baru-baru ini.

Direktur Utama HKR, T. Ari Widiyantoro menyampaikan dalam mengembangkan Kawasan Pasar Besar Tuban, HKR memberikan konsep mixed use yang menggabungkan antara pasar modern, wisata, area perbelanjaan dan hotel. HKR menargetkan proyek ini akan rampung paling lambat dalam dua tahun.

"Luas lahan yang berlokasi di Jl.  Letda Sucipto akan dikembangkan di atas tanah seluas 57.720 meter persegi, dengan rencana pembagunan dilakukan secara bertahap," jelas T. Ari Widiyantoro dalam keterangan resmi, Minggu 20 Oktober 2019.

Menurut T. Ari Widiyantoro, tahap pertama akan dibangun pasar modern di atas lahan 10.000 meter persegi dan kawasan wisata seluas 35.000 meter persegi, dengan jangka waktu pelaksanaan sekitar 1 tahun.

“Tahap berikutnya akan dibangun City Walk di atas lahan seluas 10.000 meter persegi dan hotel seluas 2.720 meter persegi dengan waktu pelaksanaan sekitar 2 tahun,” tambahnya.

Untuk kawasan wisata, menurut T. Ari Widiyantoro, HKR menyediakan beberapa permainan keluarga dengan nuansa timur tengah.

"Kami optimis melalu proyek ini, Tuban akan memiliki pasar modern dan menjadi ikon tujuan wisata religi yang dilengkapi dengan fasilitas area wisata, city walk serta hotel dalam satu kawasan terintegrasi," ucapnya.

T. Ari Widiyantoro berharap, dengan diintegrasikannya Kawasan Pasar Besar Tuban akan mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan berdampak pada tumbuhnya ekonomi lokal.

"Melalui sinergi ini diharapkan 'HA-KA Style Tuban' akan memberikan dampak positif pada peningkatan perekonomian, pendapatan dan pembangunan daerah, serta membuka peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat Tuban," tutup T. Ari Widiyantoro.  

Baca juga: HKR dan UrbanAce Bidik Milenial dalam Penjualan Tower