Harbolnas 2018 Targetkan Transaksi 7 Triliun

Harbolnas 2018 Targetkan Transaksi 7 Triliun
Pengurus asosiasi e-commerce saat memberikan keterangan pers terkait Harbolnas (Sumber: idEA).

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali akan digelar oleh berbagai perusahaan e-commerce pada Rabu 12 Desember 2018. Pada tahun ini ditargetkan transaksi mencapai 7 triliun rupiah. 

Harbolnas tahun ini diikuti lebih dari 300 e-commerce, di antaranya Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai ​official sponsor, ​CIMB Niaga, ShopBack, Jaringan Prima, IMX, PopBox dan JET sebagai ​official partner.

Harbolnas tahun lalu berhasil merangkul 254 pelaku e-commerce dengan nilai transaksi mencapai 4,7 triliun rupiah. "Ini adalah momen ketika  semua e-commerce berlomba-lomba menarik pelanggan dengan promo yang menarik, baik diskon ataupun cashback yang besar," ujar Influence and Reputation Domain Ogilvy Putri Kartika Sinaga dalam siaran persnya, Selasa, 11 Desember 2018.

Berbagai situs e-commerce seperti Lazada, memberikan diskon hingga 90 persen. Tak mau kalah dengan e-commerce sejenis, Shopee dan Bukalapak memberi potongan harga hingga 80 persen. Sementara itu, platform Pegipegi memberikan cashback hingga Rp 1,2 juta dan Traveloka misalnya,  menerapkan sistem flash sale.

Namun, toko-toko online ini tetap memberikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Antara lain, ada kuota pembeli yang ditetapkan untuk suatu barang yang didiskon pada saat flash sale yang mengharuskan pembeli adu cepat dengan pembeli lain.

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan ​menyatakan, untuk pertama-kalinya sejak 2012, Harbolnas tahun ini mendapat dukungan penuh dari tiga kementerian dan Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA).  

“Selama ini banyak yang beranggapan bahwa 11 November lalu merupakan Harbolnas. Namun sebenarnya Harbolnas itu jatuh pada 12 Desember 2018. Harbolnas tahun ini mengangkat tema ‘Belanja untuk Bangsa’ untuk meningkatkan nilai produk lokal di platform e-commerce. Kami para pelaku e-commerce ingin merangkul para produsen produk lokal untuk dapat merasakan kemeriahan Harbolnas tahun ini,” ujarnya dilansir situs idEA. 

Ketua idEA Ignatius Untung menegaskan, Harbolnas 2018 memberikan nilai tambah kepada industri digital nasional terutama pelaku e-commerce.  "Tahun ini, para pelaku e-commerce bersama-sama merangkul produsen lokal untuk masuk dan merasakan manfaat pasar digital ini. Tentunya kami berharap pesta belanja tahunan ini dapat berjalan dengan lancar dan lepas dari segala kecurangan-kecurangan," katanya.