Hadirkan Hunian Untuk MBR, BTN Siap Jadi Mitra Utama BP Tapera

Hadirkan Hunian Untuk MBR, BTN Siap Jadi Mitra Utama BP Tapera
Direktur Utama Bank BTN, Maryono (tengah) saat berbincang -bincang/Sumber: BTN

Guna mengakselerasi kepemilikan hunian yang terjangkau bagi masyarakat, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan siap menjadi mitra utama Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, perseroan dan BP Tapera memiliki visi yang sejalan, seperti menjadi agen pemerintah yang disiapkan untuk mendukung program pemerintah khususnya dalam pembiayaan perumahan menyasar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah yang terjangkau.

"Menjadi mitra BP Tapera merupakan sinergi yang sangat tepat sejalan dengan upaya kami terus mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah. Hanya BTN yang sangat concern mendukung pembiayaan perumahan rakyat sejak bank ini berdiri. Ini bukan program BTN tetapi program pemerintah yang perlu didukung bersama stakeholder terkait bidang perumahan. " jelas Maryono dalam keterangan resmi, Minggu 26 Mei 2019.

Menurut Maryono, untuk mencapai visi tersebut, sebagai bank spesialis pembiayaan perumahan, perseroan telah menggelar berbagai langkah strategis untuk mengembangkan kapasitas bisnisnya.

Baca juga: BTN Tingkatkan Target Penyaluran KPR Subsidi – Non Subsidi

Perseroan tengah berupaya merampungkan aksi akuisisi perusahaan Manajer Investasi dan meracik skema pembiayaan perumahan yang baru guna menjangkau semakin banyak masyarakat memiliki rumah.

“Kami akan terus berinovasi untuk menjangkau banyak masyarakat Indonesia, khususnya MBR untuk memiliki hunian yang terjangkau,” tambah Maryono.

Perlu diketahui, Bank BTN pun telah melakukan berbagai inovasi dan sinergi di segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi kelompok MBR. Di segmen KPR Subsidi misalnya, perseroan aktif bersinergi dengan berbagai pihak guna penyaluran kredit yang lebih luas. Perseroan pun menciptakan produk KPR Mikro untuk menyasar MBR informal seperti tukang ojek online dan tukang bakso untuk memiliki rumah.

Menyikapi hal ini, Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pemanfaatan, Ariev Baginda Siregar, mengatakan kehadiran BP Tapera ditujukan agar kebutuhan kalangan MBR akan perumahan dapat dipenuhi.

Kehadiran BP Tapera, ujar Ariev, bertujuan untuk menyediakan dana murah jangka panjang. Dana tersebut akan disalurkan untuk pembiayaan perumahan yang berkesinambungan.

"Peserta Tapera yang tergolong sebagai masyarakat berpenghasilan rendah dapat memperoleh manfaat untuk pembelian rumah, perbaikan rumah, atau membangun rumah melalui KPR dengan bunga rendah yang disalurkan oleh institusi keuangan yang bekerja sama dengan kami," pungkasnya.

Baca juga: BTN – Lemhanas Teken Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Pemanfaatan Jasa Perbankan