Hadapi COVID-19, Kalbe Gelontorkan Rp25 Miliar

Hadapi COVID-19, Kalbe Gelontorkan Rp25 Miliar
Ilustrasi, Produksi obat-obatan oleh Kalbe Farma/Sumber: Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mendukung pemerintah Indonesia dalam menangani wabah virus Corona (Covid-19) dengan menyiapkan bantuan senilai Rp25 miliar dalam bentuk obat-obatan, multivitamin, suplemen kesehatan, produk nutrisi, masker, APD bagi tenaga kesehatan, hand sanitizer dan alat kesehatan lainnya, serta melakukan pemeriksaan Covid-19 melalui jaringan laboratorium milik Kalbe.

“Bersama Sehatkan Bangsa yang menjadi pilar CSR Kalbe, kami siap mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi wabah Covid-19,” kata Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk dalam keterangan resmi, Senin 23 Maret 2020.

Vidjongtius menjelaskan, bantuan akan diberikan terus secara bertahap melalui instansi pemerintah dan bantuan langsung kepada berbagai komunitas masyakarat yang membutuhkan.

Bantuan ini akan didistribusikan kepada berbagai institusi kesehatan di masyarakat seperti rumah sakit (RS), Lembaga Penelitian Eijkman, berbagai kantor dan komunitas-komunitas masyarakat. Bantuan kesehatan lainnya juga diberikan secara langsung atau melalui Kementerian Kesehatan, Badan POM dan Pemerintah Daerah.

Bantuan obat-obatan, multivitamin (Starmuno, Elanos, Bejo Jahe Merah, Xonce, Fatigon, H2 Cordicept, dan lainnya) serta hand sanitizer E-Care telah disalurkan ke beberapa rumah sakit antara lain RSPAD Jakarta, RSPI Sulianti Saroso, RS Persahabatan Jakarta, dan melalui Dinas Kesehatan Pemprov DKI yang akan disalurkan ke RSUD Tarakan, RSUD Duren Sawit, RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu.

Kalbe juga sedang menyiapkan 1.000.000 masker, alat pelindung diri (APD), Rapid Test Kits dan 500.000 produk nutrisi untuk tenaga kesehatan.

Selain itu, Kalbe juga sedang menyiapkan laboratorium untuk masuk ke jejaring laboratorium yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan dalam pemeriksaan virus Covid-19 dengan metode PCR. Melalui KlikDokter, Kalbe juga menyiapkan layanan konsultasi gratis terkait virus Corona serta menyediakan layanan fitur pemeriksaan mandiri Covid-19.

Baca juga: Bersama BPOM, Kalbe Kembangkan Bioteknologi Paten EPO-HyFc