Grab – ITB Jalin Kerja Sama Strategis dalam Hal Riset

Grab – ITB Jalin Kerja Sama Strategis dalam Hal Riset
Grab meluncurkan penggunaan GrabWheels sebagai moda transportasi ramah lingkungan di ITB/Sumber: Grab

Melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Grab meluncurkan penggunaan GrabWheels sebagai moda transportasi ramah lingkungan di ITB, kampus Ganesha, Bandung, Selasa 1 Oktober 2019.

Peluncuran dihadiri oleh Prof.Dr.Ir. Bambang Riyanto Trilaksono (Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan), Ir. Sigit P. Santosa, MSME, Sc.D, IPU (Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB) dan Ongki Kurniawan (Executive Director Grab Indonesia).

Baca juga: Sinar Mas Land - Grab Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang Teknologi

“Setelah hadir di beberapa lokasi di Jabodetabek, kami sangat senang bisa membawa GrabWheels ke kota Bandung, tepatnya di Kampus ITB sebagai lokasi pertama hadirnya GrabWheels. Sebagai bagian dari kerja sama berkelanjutan dengan ITB, kami harap GrabWheels bisa menjawab kebutuhan seluruh sivitas akademika akan pilihan transportasi jarak dekat yang menyenangkan, praktis dan ramah lingkungan,” jelas Ongki Kurniawan dalam keterangan resmi perusahaan.

Peluncuran perdana ini merupakan bagian dari kerja sama strategis antara Grab dan ITB dalam hal riset, pengembangan serta pemanfaatan kendaraan transportasi berbasis listrik.

Menurut Ongki Kurniawan, Grab berkomitmen untuk dapat memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia yang lebih luas dan kehadiran GrabWheels di ITB, menjadi langkah awal untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Bersama dengan ITB, Grab berkomitmen untuk menyediakan sebuah solusi mobilitas yang cerdas dan ramah lingkungan bagi masyarakat yang lebih luas. ITB juga terus menjalin kolaborasi dan membangun sinergi dengan pemerintah, industri dan perguruan tinggi lain untuk menciptakan teknologi baru melalui 12 Fakultas/Sekolah, 110 Kelompok Keahlian, 22 Pusat, 7 Pusat Penelitian dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI) Nasional.

Saat ini terdapat 50 e-scooter yang dapat ditemukan di 5 titik di lingkungan kampus Ganesha, ITB. GrabWheels merupakan skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped yang diperkenalkan Grab untuk memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat.

Selain penempatan GrabWheels di lingkungan ITB, kerja sama strategis dengan ITB juga mencakup penelitian dan pengembangan moda transportasi berbasis elektrik. Hal ini termasuk pembuatan dan pengembangan purwarupa, pengembangan suku cadang, penelitian serta publikasi ilmiah bersama atas hasil penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan selama jangka waktu kerja sama tersebut.

Sebagai koordinator 6 PUI Perguruan Tinggi, ITB juga menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi nasional dan internasional serta berbagai industri untuk memajukan bangsa dan negara.

“Teknologi baru berdasarkan riset unggulan berskala nasional maupun internasional yang tengah dan telah dilakukan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan di industri yang akan berujung pada kesejahteraan ekonomi masyarakat secara umum,” ujar Prof. Bambang Riyanto.

Baca juga: BBR Logistics - Grab Indonesia Siap Luncurkan Platform Baru