GMF Resmikan Fasilitas MCC Baru

GMF Resmikan Fasilitas MCC Baru
GMF Resmikan Fasilitas MCC Baru/Sumber: GMF

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk, (GMF) meresmikan fasilitas New Maintenance Control Center (MCC) sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus berakselerasi dalam mengoptimalkan kinerja layanan perusahaan khususnya pada bisnis line maintenance.

Area MCC yang sebelumnya berada di Hanggar 2 GMF, kini berada di Hanggar 4 yang merupakan hanggar terbesar di dunia untuk pesawat narrow body, demi mengoptimalkan kebutuhan fasilitas penunjang tersebut. Berbekal teknologi teranyar, GMF terus berinovasi untuk selalu memastikan kelaikudaraan armada yang dirawat.

Direktur Utama GMF, Tazar Marta Kurniawan mengungkapkan bahwa pembaharuan fasilitas ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk semakin mengoptimalkan komitmen layanan Customer Total Solution Maintenance, yakni customer yang mempercayakan perawatan pesawatnya secara penuh kepada GMF.

“Dengan semakin meningkatnya jumlah pesawat yang kami rawat, tentunya kami senantiasa memperhatikan segala fasilitas penunjang mampu memberikan pelayanan prima, salah satunya MCC yang menjadi jantung perawatan Line Maintenance” kata Tazar dalam keterangan resmi, Rabu 6 November 2019.

Adapun fasilitas Maintenance Control Center (MCC) terbaru ini turut dilengkapi dengan pengembangan fitur teknologi digital yang semakin mengoptimalkan layanan perawatan pesawat secara menyeluruh dari aspek ketepatan efektivitas waktu dan biaya, hingga kualitas layanan yang semakin komprehensif.

“Dengan lebih dari 1.000 flight yang kami handle setiap harinya, ada tantangan besar untuk dapat bekerja tanpa cela. Untuk itu kami selalu berinovasi memberikan yang terbaik pada customer kami” jelas Tazar.

Saat ini, MCC milik GMF telah dilengkapi dengan video conference, di mana melalui teknologi ini memudahkan proses maintenance dalam hal verifikasi temuan khususnya untuk pengerjaan di outstation. Dengan teknologi video conference, GMF tidak lagi harus mengirimkan manpower troubleshooter ke outstation, sehingga dapat memaksimalkan efisiensi budget dan efektivitas waktu pengerjaan perawatan pesawat secara tepat guna.

Selain itu, melalui fasilitas New MCC ini, GMF juga menghadirkan aplikasi Mobile Tech Log yang memungkinkan teknisi mengakses dan menginput maintenance record dari setiap pesawat secara real-time sehingga dapat meminimalisir kesalahan input data.

MCC merupakan fasilitas penunjang vital bagi lini perawatan ringan pesawat yang beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk memastikan bahwa pesawat laik terbang. Adapun MCC bertugas untuk selalu memonitor kondisi pesawat secara real-time dari sisi teknis, yang nantinya data tersebut direkomendasikan kepada maskapai sebagai referensi rute yang akan diambil.

Ke depannya, dengan fasilitas kelas dunia ini, Tazar optimistis akan dapat mengembangkan sektor line maintenance dengan menambah daftar customer Total Solution Maintenance.

"Hadirnya fasilitas MCC ini memiliki arti tersendiri sebagai representasi komitmen GMF untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami. Dengan fasilitas baru dan berbagai pengembangan kapabilitas dan kemampuan baru ini kami harapkan dapat semakin memperkuat visi kami menjadi penyedia solusi total MRO (maintenance, repair, overhaul) kelas dunia untuk semua pelanggan GMF,” pungkasnya.

Baca juga: GMF AeroAsia Raih Predikat Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia