Gelar CSR, INKA Hijaukan Pantai Pacitan Dengan 3.000 Mangrove

Gelar CSR, INKA Hijaukan Pantai Pacitan Dengan 3.000 Mangrove
PT INKA Hijaukan Pantai Pacitan Dengan 3000 Mangrove / Sumber: INKA

PT INKA (Persero) melalui Inka Motor Club (IMC) yang didukung oleh anak perusahaan, seperti PT IMS, PT IMSC, PT IMST, PT IMSS dan PT Rekaindo Global Jasa melaksanakan touring sekaligus menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) di obyek wisata Pantai Siwil, Pacitan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Kepala Desa Sidomulyo Panggono, Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero) Agung Sedaju, Kasi Tata Kelola Bambang Mahendra dan Kepala UPT Perikanan Ninik Setyorini.

“Dalam rangka ulang tahun BUMN ke-21, PT INKA (Persero) melalui program INKA Peduli turut melakukan program CSR berupa pemberian bantuan bibit dan penanaman 3.000 mangrove yang ke depan diharapkan dapat menjaga kelestarian Pantai Siwil Pacitan,” ujar Agung Sedaju dalam keterangan resmi, Rabu 3 April 2019.

Baca juga: INKA Patungan dengan Beberapa BUMN Salurkan CSR Senilai 5,5 Miliar di Banyuwangi

Agung berharap, bibit mangrove yang ditanam akan menjadi ekosistem hidup berbagai jenis ikan, kepiting, udang dan spesies siput.

“Selain itu, susunan akar hutan mangrove yang lebat dan padat berfungsi seperti saringan yang akan mencegah pasir pantai terbawa arus sungai dan mencegah terjadinya erosi yang diakibatkan arus ombak dan badai,” ujar Agung.

Sebagai informasi, sebelumnya, PT INKA juga menggelar program CSR senilai Rp5,587 miliar hasil sinergi dengan beberapa BUMN seperti PT Telkom (Persero) Tbk melalui LinkAja, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, PT BRI (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero) Tbk, PT Pelindo III, PT KAI (Persero), PT PLN (Persero), PT Jasindo (Persero), PTPN XII, dan PT Adhi Karya (Persero).

Dalam CSR BUMN Peduli di Banyuwangi itu, terhimpun beberapa bantuan, antara lain: bantuan mobil ambulans dari INKA dan BRI, bantuan pembangunan gedung pertemuan Taman Sari oleh BRI, bantuan pembangunan fasilitas umum pondok pesantren Fathul Ulum oleh INKA dan BNI, bedah rumah 10 unit oleh Pelindo III.

Baca juga: Sosialisasikan Kinerja dan Layanan, PT INKA Ikuti Pameran Indonesia Railway Tech

Selain itu, CSR itu juga menghadirkan program rantang kasih 100 dhuafa selama 1 tahun oleh INKA, bantuan pembinaan sanggar tari oleh PLN, bantuan fasilitas umum untuk sekolah dan mushola oleh INKA, bantuan peralatan belajar SMK Andalusia oleh Mandiri, bantuan 10 MCK di area Ketapang oleh KAI, sembako murah 3.000 paket oleh INKA dan 200 paket sembako murah oleh Jasindo, dan bantuan untuk renovasi masjid dan fasilitas umum oleh Adhi Karya.