Garuda Indonesia Raih Sertifikasi Manajemen Penanganan Delay

Garuda Indonesia Raih Sertifikasi Manajemen Penanganan Delay
Pesawat Garuda Indonesia/Sumber: Garuda Indonesia

Garuda Indonesia berhasil meraih sertifikasi standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi British Standard Insititution (BSI) terkait Manajemen Penanganan Keterlambatan (Delay Management) yang dituangkan dalam perolehan sertifikat No. FS-641984 untuk periode 2018-2021.

Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto menyampaikan, melalui sertifikat ISO 9001:2015, Garuda Indonesia berupaya secara berkelanjutan untuk menyediakan layanan dengan mengedepankan prinsip Operational Excellence kepada para pengguna jasa yang mencakup tiga hal yaitu safety, security dan services khususnya terkait prosedur penanganan keterlambatan penerbangan.

“Keterlambatan penerbangan merupakan salah satu aspek krusial yang dapat memengaruhi kepercayaan pelanggan dan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu diharapkan dengan dipertahankannya pencapaian sertifikasi ISO 9001:2015 Delay Management dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada saat terjadi irregularity,” jelas Iwan Joeniarto dalam keterangan resmi, Senin, (15/7).

Baca juga: Garuda Perkenalkan GIA Box, Kemasan Kargo Ramah Lingkungan Pengganti Styrofoam

Menurut dia, sertifikat tersebut mencakup keseluruhan station/kantor cabang domestik Garuda Indonesia dalam menangani keterlambatan penerbangan sesuai dengan standar internasional.

“Garuda Indonesia sebenarnya telah memiliki standar manual dalam penanganan keterlambatan penerbangan, namun implementasi ISO 9001:2015 diterapkan guna menambah tingkat kepercayaan para pengguna jasa terhadap kualitas safety Garuda Indonesia sebagai core value perusahaan,” tuturnya.

Adapun sertifikasi yang didapatkan berlaku selama kurun waktu 3 (tiga) tahun, setiap tahunnya akan terus dipantau melalui surveillance audit untuk mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut.

Hingga kini dampak positif adanya sertifikat sistem manajemen mutu pada delay management, terlihat dari pencapaian kinerja perusahaan yang mampu meraih capaian OTP tahunan tertinggi di dunia yaitu sebesar 91,6%.

“Garuda juga menjadi satu-satunya maskapai asal Asia Tenggara yang menerima predikat 5-Star On Time Performance (OTP) dari OAG Flightview dengan catatan OTP di atas 90 persen,” pungkasnya.

Baca juga: Garuda Catatkan Ketepatan Waktu Terbaik di Dunia dengan OTP 96,1%