Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi Tauberes, Platform E-Commerce Penyedia Jasa Logistik

Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi Tauberes, Platform E-Commerce Penyedia Jasa Logistik
Launching aplikasi tauberes (Sumber: dok. Garuda Indonesia)

PT Garuda Indonesia melalui unit bisnisnya, PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI) meluncurkan aplikasi digital "tauberes". Produk ini merupakan terobosan pertama di Indonesia yang menghubungkan kargo udara dan agen pengiriman barang dengan masyarakat sebagai end customer.

Konsep Tauberes sendiri adalah e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment. Inovasi ini dibuat utamanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan logistik, dengan semakin maraknya e-commerce atau online shopping.

“Hadirnya aplikasi tauberes karya anak negeri ini kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online,” ungkap Mohammad Iqbal, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia.  

Pengiriman barang yang dimaksud adalah menggunakan basis layanan kargo udara yang terpercaya, mulai dari akurasi waktu pengiriman, keamanan paket hingga tarif yang kompetitif. Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI), Albert Burhan menyebutkan bahwa Tauberes didesain sebagi aplikasi one stop solution.

“Tauberes akan memiliki tiga fitur utama yaitu Kirim Paket, Kargo Udara, dan Belanja Online,” ungkapnya dalam rilis resmi perusahaan (12/09).

Ia menambahkan bahwa aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan sistem layanan penerbangan (maskapai). Dengan demikian, pengguna jasa dapat memonitor pergerakan paket kiriman secara real time. Bahkan, barang tetap dapat dimonitor ketika sedang berada di airport maupun di atas pesawat.

Baca juga: Garuda Indonesia Siap Operasikan Rute Bandung-Lampung dan Surabaya

Setelah diluncurkan 11 September lalu, sudah ada beberapa penyedia jasa pengiriman yang bergabung antara lain J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat. Pihak manajemen yakin bahwa jumlah tersebut akan terus bertambah. Untuk sistem pembayarannya, pengguna jasa bisa menggunakan cash atau melalui Linkaja.

Saat ini, perusahaan tengah mengembangkan fitur “marketplace” sebagai pilar utama tauberes. Ke depannya, aplikasi ini tidak hanya akan menghubungkan pecinta kuliner dengan makanan favorit dari berbagai daerah dengan pengiriman maksimal 8 jam. Namun juga dapat pula mengubungkan pelaku UKM dengan pasarnya, baik domestik maupun luar negeri.

Saat ini aplikasi tauberes telah tersedia di seluruh platform mobile device, dapat digunakan baik IOS maupun android. Tauberes menggunakan teknologi Progressive Web Application (PWA) sehingga dapat memberikan keleluasaan lebih pada penggunanya dalam menggunakan aplikasi tersebut di mobile device.

Baca juga: Garuda Indonesia Raih "Gold - Indonesia Go Asean Champion"