Garuda Indonesia Buka Pernebangan Khusus Kargo Surabaya - Hongkong

Garuda Indonesia Buka Pernebangan Khusus Kargo Surabaya - Hongkong
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: dok. Garuda Indonesia)

Maskapai Garuda Indonesia membuka penerbangan khusus kargo untuk rute Surabaya - Hongkong. Penerbangan perdana pada rute tersebut dilayani pada Sabtu, 6 Maret 2021. 

Dalam penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur. Beberapa di antaranya adalan produk unggulan fari komoditas perikanan dan juga hasil produksi lainnya.

Penerbangan khusus kargo Rute Surabaya - Hong Kong dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya. Garuda menggunakan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya.

Rute khusus kargo Surabaya - Hong Kong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Hong Kong pada pukul 12.00 waktu setempat.

"Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan kami perkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Ia pun berharap bahwa dengan dibukanya rute penerbangan ini, direct export komoditas unggulan dari kawasan Surabaya dan sekitarnya meningkat dan berdaya saing. Sehingga pemulihan ekonomi nasional pun terjadi lebih cepat.

"Tentunya kami harapkan kehadiran penerbangan kargo ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan di Jawa Timur. Karena waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan sehingga kualitas produk menjadi lebih terjaga tentunya dengan cost logistik yang lebih kompetitif," Itfan melanjutkan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut. "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya - Hong Kong," ugnkapnya.

Lebih lanjut Khofifah mengharapkan  pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku UMKM. “Harapannya, peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing”, lanjut Khofifah.

Baca juga: Bandara Soetta Segera Lakukan Digitalisasi Surat Bebas Covid, Begini Alurnya!