Gairahkan Ekowisata Pulau Sangiang, Krakatau Steel Ajak Turis Tanam Terumbu Karang

Gairahkan Ekowisata Pulau Sangiang, Krakatau Steel Ajak Turis Tanam Terumbu Karang
Rak diturunkan di kedalaman 15-18 meter Perairan Pulau Sangiang (Sumber: IG @krakatau.steel)

Akhir pekan lalu, selama dua hari dari Sabtu ke Minggu (30-31 Maret 2019), PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melalui Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS) menurunkan timnya di perairan Pulau Sangiang. Mereka bertugas memasang 8 rak terumbu karang pada kedalaman 15m - 18m.

Upaya tersebut dilakukan untuk memulihkan habitat terumbu karang sehingga ke depannya akan tercipta sebuah ekowisata yang menarik. Terlebih lagi, terumbu karang sangat penting bagi ekosistem bawah laut.

Rak tersebut masih kosong dan baru ditempel sedikit terumbu karang. Nantinya wisatawanlah yang akan mengisi rak tersebut dengan bimbingan masyarakat lokal sebagai pemandu. Sebelumnya, tim dari SKKS telah memberikan edukasi bagi warga lokal tentang bagaimana melakukan transplantasi terumbu karang di rak-rak tersebut.

Baca juga: Krakatau Steel Ekspor Baja 12.000 Ton ke Malaysia

Selain penanaman terumbu karang, secara umum penduduk lokal Pulau Sangiang juga telah diberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengelola ekowisata. Misalnya saja para nelayan dihimbau untuk tidak menurunkan jangkar di lokasi yang ada terumbu karangnya.

Pemulihan terumbu karang adalah satu langkah yang menjadi stimulus bagi masyarakat lokal Pulau Sangiang untuk dapat memanfaatkan ekosistem pesisir sebagai potensi wisata. Bagi Krakatau Steel sendiri, kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi perseroan untuk membantu memulihkan kondisi sosial, perekonomian masyarakat, dan lingkungan di Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Terutama setelah desa tersebut menjadi salah satu wilayah terdampak tsunami Selat Sunda.

Sebelumnya, Krakatau Steel telah membangun beberapa fasilitas penunjang kegiatan pariwisata berupa Coral Gallery, Mushola, MCK dan Warung.

Baca juga: Pasar Baja Membaik, Krakakatau Steel Terus Perbaiki Kinerja