Fantastis! UMKM Binaan Pertamina Raih Omset 7 Miliar Selama Pameran TEI 2019

Fantastis! UMKM Binaan Pertamina Raih Omset 7 Miliar Selama Pameran TEI 2019
Ilustrasi UMKM Pertamina (Sumber: pertamina.com)

Selama perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar selama lima hari di ICE BSD, mitra binaan UMKM Pertamina meraup total penjualan hingga 7 miliar rupiah. Sebanyak 18 mitra binaan UMKM terpilih menampilkan produk-produk terbaik di hadapan para pembeli besar potensial dari berbagai negara.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 16 – 20 Oktober 2019 ini bertujuan untuk mendorong ekspor Indonesia ke mancanegara. Di saat bersamaan, pameran tersebut juga mampu meningkatkan daya saing UMKM binaan Pertamina.

“Selain melakukan penjualan sektor retail, mitra binaan Pertamina juga menjaring pembeli besar melalui kegiatan business matching yang mempertemukan antara UMKM dan calon pembeli,”ujar Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina.

Nilai penjualan sebanyak 7 miliar rupiah tersebut bersumber dari total penjualan produk di stand Pertamina, baik itu dari business matching maupun retail mencapai 2,9 miliar rupiah. Selain itu, 2 mitra binaan Pertamina juga memperoleh pesanan ekspor secara mandiri dengan total nilai 4,2 miliar rupiah. Kedua UMKM tersebut adalah Bawadi Coffee dan Keripik Buah Nurchaetti.

Selama pameran, beragam produk dihadirkan oleh UMKM tersebut. Mulai dari minyak rempah dari Tanah Karo, Kerupuk Ikan Patin dari Sumatera Utara, Minyak Sereh dari Sumatera Barat, dan Mebel Kayu dari Jawa Tengah. Produk-produk tersebut tak sedikit peminatnya hingga ludes di hari keempat pameran.

“Saya sampai minta kirim stok barang kedua kalinya dari Medan, dan stok keduapun sudah habis" terang Ginting.

Ginting adalah mitra binaan Pertamina yang memproduksi minyak gosok berbahan rempah dari Tanah Karo. Ia sangat senang melihat antusiasme pembeli mancanegara terhadap barang jualannya.

Untuk menentukan mitra binaan UMKM mana yang bisa ikut pameran, Pertamina melakukan seleksi dan kurasi. Prioritasnya adalah UMKM dengan produk-produk yang cocok untuk diekspor dan belum pernah mengikuti pameran nasional.

Hingga saat ini, Pertamina masih membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk bergabung menjadi mitra Pertamina. Keuntungannya antara lain adalah mendapatkan pinjaman permodalan dan pembinaan melalui Program Kemitraan Pertamina. Pendaftaran dapat dilakukan pada situs resmi Pertamina pada menu “Responsibility” dan klik menu “PKBL”.

Baca juga: Pertamina – Indonesia Power Kerja Sama Memenuhi Kebutuhan Energi Dalam Negeri