Fajriyah Usman, Mantan Guru Bahasa Inggris yang Menjadi Jubir Pertamina

Fajriyah Usman, Mantan Guru Bahasa Inggris yang Menjadi Jubir Pertamina
Fajriyah Usman saat menerima penghargaan Indonesia WOW Brand Festive Day 2019. Sumber: Pertamina

Di bulan April ini, Upperline kembali mengetengahkan seorang Kartini pilihan Upperline, setelah menghadirkan profil dua Kartini sebelumnya. Ia adalah Fajriyah Usman, yang namanya pasti tidak asing lagi di kalangan wartawan khususnya mereka yang bergelut di industri minyak dan gas (migas). Wanita dengan senyum yang ramah ini adalah Vice President Corporate Communication Pertamina yang bertindak sebagai juru bicara perusahaan minyak itu dalam berbagai kesempatan. 

Tak banyak yang tahu, Fajriyah yang menghabiskan 15 tahun karirnya di Elnusa ini dulu pernah menjadi guru Bahasa Inggris. Lulusan Universitas Indonesia ini kemudian mengawali karir profesionalnya sebagai management trainee di PT Elnusa Tbk. 

Pada tahun 2003 setelah satu tahun menjalani Management Training (MT), Fajriyah diangkat sebagai Supervisor of Good Corporate Governance & Corporate Secretary Elnusa. Lima tahun kemudian, ia diangkat menjadi Junior Manager (Coordinator) of Investor Relations and Communication, hingga kemudian pada tahun 2010 Fajriyah diangkat menjadi Head of Investor Relations. 

Di sini Fajriyah membangun komunikasi dan menyosialisasikan kinerja perusahaan serta strategi-strategi perusahaan kepada para pemangku kepentingan, termasuk investor, para analis dan komunitas pasar modal, serta regulator. Fajriyah yang telah memiliki banyak pengalaman di GCG, Corporate Secretary maupun Investor Relations itu kemudian diangkat menjadi Vice President of Corporate Secretary PT Elnusa Tbk pada bulan Agustus 2012. 

Kegigihan dan keluwesan Fajriyah yang membawanya sukses di dunia yang didominasi kaum pria tersebut kemudian membawanya pada posisi puncak di salah satu anak perusahaan Elnusa. 

Pada bulan Juni 2018 Fajriyah Usman diangkat menjadi Presiden Direktur PT Elnusa Trans Samudera. PT Elnusa Trans Samudera adalah anak perusahaan PT Elnusa Tbk yang bergerak di sektor marine support, yang menyediakan jasa support operational kepada perusahaan-perusahaan di sektor energi offshore (lepas pantai), termasuk oil and gas (migas). Di bawah kepemimpinan Fajriyah, Elnusa Trans Samudera mengelola 9 aset berkualitas tinggi, di antaranya Elnusa Samudra LCT, Elnusa Samudera Barges, dan ELSA REGENT Marine Seismic Vessel.

Bakat dan kehandalan Fajriyah kemudian membuatnya menjadi salah satu calon kuat ketika Pertamina mencari VP Corporate Communication menggantikan Adiatma Sardjito yang pensiun pada akhir Desember 2018. 

Setelah menyimak perjalanan karir Fajriyah, maka dunia komunikasi serta dunia energi bukanlah hal yang asing lagi bagi mantan guru bahasa Inggris ini. Pada bulan Maret 2019 Fajriyah Usman resmi diangkat menjadi VP of Corporate Communication Pertamina. 

 

Profil Fajriyah Usman

 

Riwayat Pendidikan

1998 – 2002 S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

 

Riwayat Pekerjaan

2000 – 2003 English Teacher, ILP 

2002 – 2003 Management Trainee, PT Elnusa Tbk

2003 – 2006 Supervisor of Good Corporate Governance & Corporate Secretary, PT Elnusa Tbk

2008 – 2010 Junior Manager (Coordinator) of Investor Relations and Communication, PT Elnusa Tbk

2010 – Agustus 2012 Head of Investor Relations, PT Elnusa Tbk

Agustus 2012 – Juni 2018 Vice President of Corporate Secretary, PT Elnusa Tbk

Juni 2018 – Maret 2019 President Director, PT Elnusa Trans Samudera

Maret 2019 – Saat ini VP of Corporate Communication, PT Pertamina (Persero)

 

Baca juga: 

Wiwik Widayanti, Seorang Kartini di Perkeretaapian Indonesia

Siti Choiriana, Kartini Era Digital di Jajaran Direksi Telkom