Erick Thohir Resmikan Ferizy, Aplikasi untuk Beli Tiket Ferry Secara Online

Erick Thohir Resmikan Ferizy, Aplikasi untuk Beli Tiket Ferry Secara Online
Peresmian Ferizy (Sumber: dok. ASDP)

Menteri BUMN, Erick Thohir meresmikan Ferizy, layanan pembelian tiket ferry berbasis online besutan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada Sabtu, 25 Juli 2020. Peresmian dilakukan di Terminal Eksekutif Merak, Banten bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusbandio.

“BUMN selaku penyedia jasa wajib memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai bagian dari world class service. ASDP salah satunya yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut menjadi lebih modern,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa Ferizy merupakan bagian dari program digitalisasi ASDP. Salah satunya misinya adalah mengubah culture pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket secara online.

Ferizy merupakan layanan tiket berbasis online yang dapat diakses oleh pengguna jasa melalui website www.ferizy.com atau aplikasi di ponsel. Aplikasi ini sebetulnya sudah bisa diakses mulai 1 Mei 2020 di 4 pelabuhan utama ASDP, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Sejak diluncurkan hingga sekarang, antusiasme pelanggan sangat baik. Berdasarkan data Juni - Juli, rata-rata transaksi di 4 pelabuhan pada hari biasa (weekday) mencapai 20 ribu transaksi per hari.  Sementara itu, di akhir pekan, transaksi bisa mencapai 21 ribu per hari.

Lalu, apa keunggulan penggunaan Ferizy ini? Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat membeli tiket mulai H-60 hingga maksimal 5 jam sebelum keberangkatan. Mereka juga tidak perlu antre di depan loket serta manifest penumpang lebih terjamin.

"Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat, yang semakin familiar dengan layanan Ferizy yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat membeli tiket ferry,” ungkap Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi.

Selain melalui Ferizy, pengguna jasa kini dapat membeli tiket ferry di seluruh gerai Alfamart sebagai mitra resmi penjualan tiket ASDP. Hanya saja, jika membeli lewat Alfamart akan dikenakan biaya admin, besarannya dari 1000 hingga 5.000 rupiah. Bagi yang membeli tiket di Alfamart, hanya perlu menyiapkan ID berupa nomor KTP/SIM/Paspor penumpang serta pastikan jenis golongan kendaraan yang dibawa.

Baca juga: Transformasi, ASDP Indonesia Ferry Setop Aksi Petruk dengan Digitalisasi