Enseval Kerjasama Dengan Ikatan Apoteker Indonesia Bantu Atasi Pandemi COVID-19

Enseval Kerjasama Dengan Ikatan Apoteker Indonesia Bantu Atasi Pandemi COVID-19
Sumber: Kalbe Farma

Jakarta, 7 April 2020 - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu entitas anak usahanya, PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval) membantu pendistribusian bantuan logistik dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) kepada 34 Pengurus Daerah IAI di seluruh Indonesia. Bantuan logistic dari PP IAI tersebut berupa produk dan alat kesehatan yang terdiri dari masker, hand-cleanser, sarung tangan plastik, vitamin dan teh celup tersebut akan disalurkan kepada para apoteker yang bertugas di layanan kefarmasian yang tetap melakukan pelayanan di masa pandemi COVID-19. Paket bantuan tersebut diserahkan oleh Drs apt Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Umum PP IAI kepada Berty Argiyantari, Deputi Direktur Logistik PT Enseval Putra Megatrading Tbk di Kantor Enseval, Jakarta, untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia.

“Enseval berkomitmen untuk terus berkontribusi mendukung program pemerintah dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19 yang telah mengganggu kualitas kesehatan masyarakat, dan langkah ini sesuai dengan misi perusahaan, ” ujar Djonny Hartono Presiden Direktur PT Enseval Putera Megatrading Tbk, “Enseval membantu IAI dalam mendistribusikan donasi IAI ini karena kami menyadari bahwa apoteker menjadi salah satu tenaga kesehatan yang juga ikut berperan besar dalam menangani kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 ini ” lanjut Djonny.

Lebih lanjut, Djonny menambahkan bahwa Enseval juga terus meningkatkan kerjasama dengan asosiasi profesi yang lain, yang tentunya relevan dengan misi Enseval, untuk meningkatkan kesehatan dengan menyediakan produk kesehatan yang berkualitas.

“Ikatan Apoteker Indonesia menyambut baik kerjasama dengan Enseval dalam mendistribusikan donasi IAI kepada para apoteker yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Nurul Falah Eddy Pariang. “Di tengah pandemi COVID-19 apoteker kami tetap bertugas menjalankan fungsinya melayani kebutuhan obat-obatan bagi masyarakat Indonesia.

Adapun para apoteker berinteraksi langsung dengan masyarakat umum sehingga para apoteker membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang saat ini masih sulit didapatkan,” kata Nurul lagi. Dikatakan, PP IAI menyambut baik arahan Presiden Joko Widodo agar apotek tetap melayani kebutuhan akan obat-obatan dan alat kesehatan di tengah pandemi ini. IAI telah melakukan koordinasi dengan para apoteker yang bertugas di pelayanan melalui Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang. Paket bantuan ini merupakan dukungan PP IAI terhadap apoteker yang bertugas di pelayanan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Nurul Falah menyebutkan paket bantuan tersebut merupakan hasil kerja Satgas Covid-19 yang dibentuk PP IAI dalam upaya membantu pemerintah untuk menanggulangi wabah Covid-19. Selain menyalurkan paket bantuan tersebut, Satgas Covid-19 PP IAI juga telah mendistribusikan poster dan kalender edukasi serta juga menyebarluarkannya melalui media social resmi PP IAI.

‘’Moto kami ‘Apoteker Bersama Masyarakat Melawan Covid-19 kami wujudkan pula dengan membuat dan membagikan poster, kalender dan e-flyer kepada apoteker dan masyarakat umum. Bahkan kepada masyarakat umum, PP IAI juga sempat memberikan bantuan makanan kepada sebagian masyarakat yang membutuhkan terutama pengemudi ojek dan pengemudi taxi. Ini merupakan upaya PP IAI dalam mengedukasi masyarakat dan apoteker agar semakin memahami bahayanya pandemi ini, sehingga bersama-sama dapat memerangi Covid-19,’’ tuturnya.

Satgas Covid -19 PP IAI yang diketuai oleh Prof Dr apt Keri Lestari MSi ini juga telah menyusun Standar Operasional Prosedur pelayanan kefarmasian di apotek yang kemudian di adposi menjadi Protokol Covid-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

‘’Selain berupa poster dan e-flyer, Satgas Covid-19 PP IAI juga menyelenggarakan webinar dengan topik seputar Covid-19 untuk para apoteker di Indonesia. Webinar ini dimaksudkan agar para apoteker memiliki bekal yang cukup untuk dapat mengedukasi masyarakat di sekitarnya,’’ tambah Dra apt Ellen Wijaya, MS, MM. Selain itu PP IAI juga telah mengirimkan relawan apoteker untuk kebutuhan Rumah Sakit Darurat dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 bekerjasama dengan Menteri Kesehatan.

“Saat ini Enseval tersebar di 48 cabang yang ada di Indonesia, bersama dengan Ikatan Apoteker Indonesia kami akan mendistribusikan masker, hand-cleanser, sarung tangan plastic, vitamin dan teh celup ke cabang IAI di daerah,” ujar Berty Argiyantari, Deputy Direktur Logistik PT Enseval Putra Megatrading Tbk, “Kami juga melibatkan anak perusahaan Enseval yakni PT Tri Sapta Jaya, yang memiliki jaringan distribusi ke kota-kota kecil dan pelosok di Indonesia,” lanjut Berty,

Enseval memiliki platform layanan distribusi digital yaitu MOSTRANS yang berfokus pada distribusi dan logistik produk-produk kesehatan. Platform transportasi digital ini menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan (healthcare supply chain eco-system) antara perusahaan transportasi dengan pemilik barang. MOSTRANS mengintegrasikan layanan dari offline ke online antara perusahaan transportasi dan pemilik barang yang memiliki kebutuhan jasa pengiriman untuk produk kesehatan.

Selain itu, ditengah kondisi pandemic COVID-19 ini, dimana masyarakat diminta untuk melakukan pembatasan sosial skala besar, Enseval tetap memberikan layanan pendistribusian produk kesehatan secara digital melalui platform EMOS dan MOSHEALTH. Kedua platform digital ini ditujukan bagi apotek, toko obat atau outlet lainnya yang harus tetap melayani masyarakat akan kebutuhan produk kesehatan.

EMOS merupakan aplikasi/platform B2B order digital yang memudahkan apotek, toko dan pelanggan Enseval lainnya untuk memesan produk farmasi dan kesehatan, sehingga ketersediaan produk kesehatan berkualitas di apotek, klinik, rumah sakit dan toko milik pelanggan Enseval tetap terpenuhi dengan baik untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat. Saat ini pengguna EMOS telah tersebar di seluruh Indonesia.

MOSHEALTH sebagai aplikasi/platform B2C order digital untuk memudahkan konsumen membeli obat, vitamin dan produk kesehatan lainnya di mitra Apotek MOSHEALTH tanpa konsumen harus keluar rumah. MOSHEALTH saat ini telah hadir di 35 cabang dari total 48 cabang Enseval di seluruh Indonesia dan dalam waktu dekat, MOSHEALTH akan hadir diseluruh cabang Enseval.
 

Sekilas tentang Enseval
Enseval adalah salah satu entitas anak usaha dari Kalbe, yang bergerak di bidang distribusi dan logistik, utamanya untuk produk-produk kesehatan. dengan pengalaman selama lebih dari 46 tahun menjadi perusahaan distribusi dan logistik untuk produk-produk kesehatan, Enseval telah memiliki Sertifikat ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu untuk: pergudangan dan distribusi, bahan baku dan produk kesehatan konsumen serta sertifikat Good Distribution Practice (GDP). Enseval juga telah memperoleh sertifikat Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dari BPOM untuk lokasi kantor pusat dan cabang. Saat ini Enseval memiliki 48 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain menjadi distributor produk obat-obatan, Enseval juga mendistribusikan, alat kesehatan, bahan baku serta barang-barang konsumsi. Sejak tahun 1994, Enseval tercatat sebagai salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia, dengan kode saham: EPMT.

Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Hemapo, Broadced, dll); divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dll) serta minuman energi dan siap saji (Extra Joss, Hydro Coco), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki sekitar 40 anak perusahaan and 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: KLBF).
 

--oOo--