Elnusa Petrofin Bangun Fuel Terminal di Indragiti Hilir Riau

Elnusa Petrofin Bangun Fuel Terminal di Indragiti Hilir Riau
Groundbreaking pembangunan Terminal Fuel (Sumber: dok. Elnusa)

PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk melakukan seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan Fuel Terminal Inhil di Tembilahan Kabupaten Indragiti Hilir, Riau. Prosesi peletakan batu pertama tersebut digelar pada Rabu, 14 April 2021.

Adapun pembangunan fuel terminal ini bertujuan untuk mendukung pemerataan pemenuhan bahan bakar minyak (BBM) khususnya bagi masyarakat di wilayah Indragiri Hilir Riau. Terminal BBM ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Sedangkan sarana dan fasilitas yang akan dibangun dan dikelola oleh Elnusa Petrofin terdiri dari tanki BBM untuk Pertamax, Premium dan Bio Solar. 

Untuk tanki Pertamax, jumlahnya sebanyak 2 unit dan masing-masing berkapasitas 1000 KL. Selanjutnya, terdapat 2 tangki BBM yang berisi Premium dengan kapasitas 1500 KL dan 2 tangki berkapasitas masing-masing 1500 KL untuk penyimpanan bio solar.

Apabila ditotal, maka kapasitas dari penyimpanan tersebut adalah sebesar 8.000 KL. Sedangkan untuk target penyelesaian pembangunan kurang lebih sekitar 24 bulan.

Dengan dibangunannya Fuel Terminal ini, diharapkan waktu tempuh penyaluran BBM ke wilayah Indragiri menjadi semakin cepat. Selama ini, BBM untuk wilayah Indragiri Hilit disupply dari Fuel Terminal Pertamina Sei Siak.

Jarak tempuh yang lebih singkat ini dapat mengurangi risiko kelelahan awak serta kemungkinan adanya losses karena jarak tempuh yang jauh. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula pemberian CSR secara simbolis kepada SDN 002 Sungai Gantang berupa bantuan pembangunan sarana dan fasilitas pendidikan .

"Kehadiran Fuel Terminal ini merupakan wujud dukungan kepada Pertamina untuk memperkuat ketersediaan dan ketahanan energi (BBM) di Provinsi Riau," ungkap Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin seperti dilansir dari keterangan resmi Elnusa, 14 April 2021.

Baca juga: Elnusa Hydraulic RIG-14 Besutan Anak Bangsa Siap Dukung Produksi Migas