Ekspansi Bisnis KINO

Ekspansi Bisnis KINO

PT Kino Indonesia Tbk (KINO) secara resmi telah mengakuisisi Ristra Grup, dalam rangka mengembangkan bisnis Perseroan. Dari akuisisi ini, KINO menjadi pemegang saham mayoritas dengan jumlah saham 80% dalam perusahaan patungan dengan nama PT Ristra Laboratoris Indonesia. Ristra merupakan merek dagang atas produk-produk kesehatan dan kecantikan kulit yang mulai diperkenalkan dan dikembangkan oleh Ristra Grup sejak 33 tahun lalu dan sudah mempunyai karakter kuat di masyarakat pengguna kosmetik sebagai “Cosmeceutical Expert”dengan “Evidence Based Safe Cosmetics”.

Harry Sanusi, Presiden Direktur KINO mengatakan, potensi industri kosmetik di Indonesia masih sangat menjanjikan. Diakuisisinya Ristra Grup yang merupakan salah satu pelopor Cosmeceutical and Evidence Based Safe Cosmetic di Indonesia dengan pengalaman yang dalam dan heritage brand yang tinggi di bidang kosmetik, menjadi salah satu langkah strategis yang dilakukan Perusahaan. ”Dengan perusahaan patungan tersebut, Kino bersama dengan Ristra Grup akan terus mengembangkan produk skin care dan decorative yang termasuk kategori Cosmeceuticals, jenis kosmetik yang mempunyai unsur aktif biologis yang dapat memberikan keuntungan medis.” ujar Harry dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin (8/8).

Meski masih relatif baru, segmen produk-produk kosmetik di Indonesia dinilai merupakan segmen usaha khusus yang menarik, dinamis dan mempunyai prospek pertumbuhan usaha yang tinggi sejalan dengan naiknya jumlah middle class di Indonesia. Tidak hanya butuh produk kecantikan namun butuh produk kecantikan yang mengobati (medicated beauty products).

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, peluang pasar kosmetik di Indonesia masih sangat besar, di mana pada 2015 nilai pasar industri kosmetik diestimasi tumbuh 9 persen menjadi Rp64,3 triliun dibanding 2014 sebesar Rp59,03 triliun. Pertumbuhan volume penjualan kosmetik ditopang oleh peningkatan permintaan, khususnya dari konsumen kelas menengah dan juga didorong oleh tren kenaikan penggunaan kosmetik oleh kaum pria.(DD)