Dorong Pertumbuhan UMKM, Pertamina Gelar Pameran Produk UMKM Secara Virtual

Dorong Pertumbuhan UMKM, Pertamina Gelar Pameran Produk UMKM Secara Virtual
Banner Pertamina Smexpo (Sumber: dok. Pertamina)

Pertamina akan menyelenggarakan Pertamina Smexpo, pameran produk UMKM binaan Pertamina yang ditampilkan secara virtual. Totalnya ada 1.226 jenis produk yang akan dipamerkan selama tiga hari dari mulai 9 September 2020 hingga 11 September 2020.

"Nantinya akan ada juga business couching, virtual fashion show dan juga flash deal," ungkap Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dalam konferensi pers Smexpo, 8 September 2020.

Masyarakat dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2020 dengan melakukan registrasi secara gratis pada situs www.pertaminasmexpo.com. Setelah melakukan log in, masyarakat bisa langsung bertransaksi di booth virtual UMKM.

Pertamina selama ini memang berkomitmen mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Hal itu sejalan dengan amanah yang diberikan oleh pemerintah kepada Pertamina sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hingga saat ini, UMKM binaan Pertamina sudah mencapai 63 ribu.

"Pertamina sudah melakukan penyaluran bagi UMKM dalam program kemitraan sejak 1993 dengan total  Rp3,5 triliun. Angka cukup besar karena pembinaan UMKM tanggung jawab dan amanah Pertamina," ungkap Nicke.

UMKM pun memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi Indonesia. UMKM menyerap 95% tenaga kerja Indonesia dan total investasi di negeri ini sebanyak 56%-nya disumbang UMKM.

Masa pandemi menjadi masa yang sulit bagi UMKM di Indonesia. Tak terkecuali UMKM binaan Pertamina. Menurut survey perseroan, 57% dari UMKM binaannya terimbas Covid-19 sehingga omsetnya menurun.

Mempertimbangkan kondisi tersebut, Pertamina pun melakukan penyerapan produk untuk membantu mereka. Sejauh ini, BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas tersebut telah menyalurkan 10 Milyar rupiah untuk penyerapan produk UMKM.

Baca juga: Elnusa Hydraulic RIG-14 Besutan Anak Bangsa Siap Dukung Produksi Migas