Ditetapkan Sebagai Terminal LCC Internasional, AP II Akan Revitalisasi Fasilitas Terminal 2F

Ditetapkan Sebagai Terminal LCC Internasional, AP II Akan Revitalisasi Fasilitas Terminal 2F
Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno - Hatta (Sumber: angkasapura2.co.id)

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menetapkan Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno - Hatta sebagai terminal LCC Internasional pertama di Indonesia. Penetapan tersebut dilakukan untuk lebih menggairahkan pasar penerbangan berbiaya hemat (LCC).

“Pasar sangat merespons positif untuk segmen LCC rute internasional, dan Angkasa Pura II mengoptimalkan pertumbuhan itu di mana salah satunya dengan menetapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus LCC mulai 1 Mei 2019,” Yado Yarismano, VP of Corporate Communication Angkasa Pura II.

Ditetapkan sejak lima bulan lalu, komitmen AP II selanjutnya adalah melakukan revitalisasi untuk meningkatkan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan. Sesuai dengan pola bisnis penerbangan berbiaya hemat, nantinya di LCC Terminal 2F akan mengutamakan fasilitas digital.

Baca juga: AP II – Kemenhub Dorong Pelayanan Transportasi Bagi Disabilitas

Jumlah check-in desk konvensional di LCC Terminal 2F akan dikurangi dari 20 unit pada 2020 menjadi 10 unit pada 2022. Di sisi lain, jumlah fasilitas self check-in ditambah menjadi 40 unit. Sementara itu, fasilitas self bag drop ditambah dari 10 unit pada 2020, menjadi 20 unit pada 2022.

“Pengembangan LCC Terminal 2F berkonsep technology implementation for value added services, dengan penerapannya melalui web check-in, self check-in, self bag drop dan lain sebagainya,” lanjut Yado.

Ditetapkannya Terminal 2F sebagai Terminal LCC International tak lepas dari bertumbuhnya pasar penerbangan hemat rute internasional di Bandara Soekarno – Hatta. Terhitung sejak 1 Januari – 20 September 2019, jumlah penumpang maskapai LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta mencapai 3,16 juta penumpang.

Jumlah tersebut meningkat sekitar 4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 3,04 juta penumpang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat, pada 1 Januari-20 September 2019 tercatat 22.805 penerbangan atau naik 6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 21.517 penerbangan.

Adapun maskapai LCC yang melayani penerbangan rute internasional di Soekarno-Hatta adalah AirAsia Group, Lion Air Group, Jetstar, Citilink, Cebu Pacific dan Scoot. Rata-rata, terdapat 4 penerbangan per jam untuk rute keberangkatan dan kedatangan.

Penerbangan maskapai LCC dari Soekarno-Hatta saat ini didominasi tujuan negara-negara di ASEAN, selain juga terdapat rute menuju China. Sedangkan untuk demografi penumpang, 60 persennya merupakan kaum milenial.

Saat ini, AP II tengah melangsungkan revitalisasi Terminal 2 secara keseluruhan. Nantinya, hasil dari revitalisasi itu adalah bertambahnya kapasitas Terminal 2 menjadi sekitar 20 juta penumpang per tahun dari saat ini 9 juta penumpang.

Baca juga: Begini Prosedur Baru Penanganan Barang Tertinggal di Bandara AP II