Diresmikan Hari Ini, Tol Pandaan-Malang Digratiskan Hingga Libur Lebaran

Diresmikan Hari Ini, Tol Pandaan-Malang Digratiskan Hingga Libur Lebaran
Joko Widodo resmikan Tol Pandaan Malang (Sumber: jasamarga.com)

Pada hari ini, Senin 13 Mei 2019, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pandaan - Malang di gerbang Tol Singosari, Malang. Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirene dan penandatanganan prasasti.

Ruas jalan tol yang diresmikan Joko Widodo mencakup 3 seksi dengan panjang mencapai 30,625 km. Ketiga seksi tersebut adalah Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,50 km dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 km. Jalan Tol Pandaan-Malang sendiri secara keseluruhan memiliki panjang 38,488 km yang terbagi dalam 5 seksi.

Hingga saat ini, Seksi 1-3 sudah bisa dioperasikan sedangkan Seksi 4 baru aktif saat libur lebaran nanti. Sisanya, Seksi 5, masih dalam proses konstruksi.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menjelaskan bahwa dengan beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang ini, waktu tempuh Surabaya ke Malang menjadi lebih singkat. Dari yang awalnya memakan waktu 4-5 jam, berubah menjadi 1-1,5 jam saja. Menurutnya, hal ini memiki dampak yang sangat positif bagi perkembangan industri di sekitar jalan tol tersebut.

“Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh,” jelas Desi.

Untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat pengguna tol, Presiden Joko Widodo mengamanatkan agar hingga libur lebaran nanti, tarif tol tersebut digratiskan.

“Saya sudah bisik-bisik ke Menteri BUMN, jangan sampai bayar dulu sampai Lebaran. Gratisin dulu sampai Lebaran untuk dicoba masyarakat sekitar dan sudah dijawab bisa oleh Menteri BUMN,” ujar Joko Widodo.

Baca juga: Mulai 12 Mei, Jasa Marga Sesuaikan Tarif Tol Menuju Soetta

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan, keberadaan Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan bagian dari peran BUMN sebagai agen pembangunan dalam mendorong peningkatan konektivitas darat dan pemerataan ekonomi.

“Terima kasih kepada Jasa Marga dan PT PP sebagai kontraktor. Saya dorong terus supaya bisa selesai semua. Pak Presiden juga sudah memberikan arahan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadi, jalan tol ini kita gratiskan hingga libur lebaran," ungkap Menteri Rini.

Sebagaimana dijelaskan oleh Agus Purnomo selaku Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), tol akan resmi beroperasi tanggal 14 Mei 2019 pada pukul 07.00 pagi. Tarifnya gratis hingga libur lebaran. Sedangkan untuk tarif setelah lebaran, besarannya masih menunggu Keputusan Menteri PUPR.

Ruas Tol Pandaan-Malang ini dikelola oleh PT JPM yang sahamnya dimiliki Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%.

Baca juga: Jasa Marga Bagikan Dividen 15% Untuk Periode 2018