Direnovasi, Seperti Apa Wajah Mall Sarinah ke Depannya?

Direnovasi, Seperti Apa Wajah Mall Sarinah ke Depannya?
Ilustrasi Sarinah Mall (Sumber: IG @sarinahindonesia)

Kabar mengenai renovasi Gedung Sarinah santer terdengar ketika salah satu tenan terbesarnya, McDonald's Indonesia, berpamitan untuk tutup secara permanen. Renovasi itulah yang menyebabkan McDonald's tutup dan menyisakan kekecewaan bagi para penggemarnya.

Belakangan diketahui bahwa alasan renovasi adalah rencana pihak mall untuk menjadikan Sarinah sebagai sentra UMKM atau local brand Indonesia. Lalu seperti apa wajah baru Sarinah ke depannya pasca renovasi?

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Trijaya FM pada Senin 11 Mei 2020, Direktur Utama PT Sarinah (Persero), Ngurah Sugiarta, mengatakan bahwa Sarinah ini akan bertransformasi menjadi pusat UMKM dan produk lokal di seluruh Indonesia.

"Sarinah ini kan warisan proklamator, peretail modern pertama. Kita akan mengembalikan kejayaan atau gambar Sarinah ini ke aslinya, dalam wajah modern," terang Ngurah Sugiarta.

Ke depannya, para pelaku usaha brand lokal terutama UMKM dapat berusaha, berkumpul, mencari informasi, dan belajar di Sarinah. Bahkan di tempat yang sama, rencananya akan disediakan working space dan trading location untuk produk-produk unggulan UMKM.

"Sarinah harus menjadi etalase utama untuk produk-produk Indonesia. Tidak hanya handycraft atau fashion, tetapi juga kuliner Indonesia," lanjut Ngurah.

Manajemen Sarinah mengaku sudah menggandeng para ahli di bidangnya dalam mempersiapkan konsep transformasi mall ini. Sehingga apa yang nanti ditampilkan akan memberikan kesan friendly dan kekinian.

Sementara itu, secara fisik, struktur bangunan Sarinah tidak akan dibongkar karena gedung tersebut merupakan salah satu cagar budaya. Hanya saja tampilannya akan didesain menjadi lebih modern tanpa menghilangkan keindonesiaannya.

"Ini adalah heritage, siapapun yang datang harus merasakan feel Indonesia, menikmati experience zone dan belajar budaya Indonesia," lanjut Ngurah.

Bagi tenan-tenan brand lokal yang sudah ada sebelumya, Sarinah tetap membuka peluang bagi mereka untuk tetap membuka tokonya di sana. Hanya saja tentunya upgrade harus dilakukan agar sesuai dengan kriteria yang diinginkan Sarinah pasca transformasi.

Ngurah bahkan mengatakan bahwa brand asing masih ada peluang untuk bisa bergabung kembali dengan Sarinah, dengan kriteria yang ditetapkan dari pihak mall.

"Kita berbangga hati punya mitra seperti McDonalds, jika sudah selesai renovasi dan McDonald's masih berminat, kita masih buka peluang jika mereka mau gabung lagi," ungkapnya.

Baca juga: Pengelola Gedung Akan Tutup McDonald’s Sarinah