Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Beri Pembekalan pada SMN Asal Papua Barat

Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Beri Pembekalan pada SMN Asal Papua Barat
Pembekalan SMN 2019/Sumber: Perhutani

JAKARTA, PERHUTANI (16/08/2019) | Direktur SDM, Umum, dan IT Perum Perhutani Kemal Sudiro, bersama Asisten Deputi Pengembangan Usaha dan Privatisasi BUMN, perwakilan Direksi PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III), PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) memberikan pembekalan pada 20 siswa dari Provinsi Papua Barat yang lolos seleksi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 bersama dua pendampingnya di Hotel Maleo Town Square Mamuju, Jumat (16/8).

Asisten Deputi Pengembangan Usaha dan Privatisasi BUMN Kindy Rinaldy Syahrir menyampaikan paparan dari Kementerian BUMN dilanjutkan dengan pembekalan dari masing-masing BUMN.

Dalam pembekalan siswa SMN 2019, dijelaskan profil, peran, dan aktivitas Perum Perhutani, PTPN III, PT KIMA, dan PT RNI sebagai BUMN Indonesia yang mengemban tugas dari pemerintah di bidang masing-masing.

Program SMN dilaksanakan setiap tahun di 34 Provinsi di Indonesia oleh BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN. Tahun 2019, PTPN III ditunjuk sebagai PIC bersama Perum Perhutani, PT KIMA, dan PT RNI sebagai CO-PIC dalam melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri untuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

SMN bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada anak didik SMA/SMK/SLB sebagai bangsa yang memiliki kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di Provinsi yang dikunjungi.

Dalam paparannya, Direktur SDM, Umum, dan IT Perhutani Kemal Sudiro mejelaskan bahwa Perhutani sebagai BUMN yang bergerak di bidang kehutanan tidak hanya mengelola bisnis kayu jati, namun juga memaksimalkan sumber daya hutan lainnya seperti penyadapan getah pinus yang diolah menjadi gondorukem dan terpentin, ekowisata, industri kayu, minyak kayu putih, sagu, madu, kopal dan produk agribisnis lain.

Kemal juga mengatakan kepada para siswa bahwa mereka patut bersyukur terpilih dalam program SMN ini karena bisa mengenal lebih jauh tentang BUMN. Ia berharap kelak akan ada putra putri Papua yang menjadi bagian dari BUMN yang memiliki peran strategis bagi bangsa dan negara.

“Saya berharap, diantara sekian banyak adik-adik SMN dari Papua Barat ini ada yang bercita-cita untuk bergabung dan bekerja di BUMN sehingga bisa turut membangun bangsa ketika sudah dewasa,” tutupnya. (Kom-PHT/PR/2019-VIII-31)

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Asep Rusnandar – Sekretaris Perusahaan
Telp. (021) 5721282
Fax. (021) 5743579
Informasi tambahan Perum Perhutani di www.perhutani.co.id