Digandeng Pelni, BNI Targetkan Kelola 40% Transaksi Tiket Kapal

Digandeng Pelni, BNI Targetkan Kelola 40% Transaksi Tiket Kapal

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memiliki keyakinan mampu melayani sekitar 30% - 40% dari pembayaran tiket kapal yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni. Hal tersebut sejalan dengan program kerjasama yang baru saja di jalin antara Perseroan dengan Pelni.

Sebagai informasi, BNI menjadi satu dari tiga bank pelat merah yang ditunjuk untuk melayani pembelian tiket kapal Pelni. Selain BNI, transaksi tiket juga dilayani oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Dalam keterangan yang dilansir Bisnis.com, Senin (7/5/2018), Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati mengatakan, target BNI untuk dapat melayani 30% - 40% transaksi jual beli tiket kapal penumpang itu sejalan dengan diluncurkannya aplikasi ponsel untuk pemesanan tiket oleh Pelni.

Melalui layanan aplikasi ponsel milik Pelni, maka pembelian tiket kapal penumpang dapat dilakukan secara daring sehingga tidak perlu antre di loket.

“Harapan kami, untuk tahap awal implementasi aplikasi mobile Pelni ini bisa kami layani 30% sampai 40% transaksinya. Aplikasi mobile Pelni ini memudahkan terutama nasabah BNI yang akan membeli tiket kapal,” ujar Adi Sulistyowati.

BNI bekerja sama dengan Pelni untuk memberikan kemudahan transaksi bagi penumpang kapal laut dan Agen Pelni serta menyediakan mesin electronic data capture (EDC) Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Penumpang kapal laut dapat membeli tiket secara online dan membayar melalui seluruh channel perbankan BNI. Para Agen Pelni juga diberikan kemudahan untuk top up deposit melalui BNI Virtual Account.

“BNI Virtual Account memungkinkan Pelni untuk memonitor transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun agen Pelni. Hal itu membuat proses pemantauan dan pelaporan transaksi yang dilakukan oleh Pelni menjadi lebih cepat dan mudah,” ujar Adi Sulistyowati, seperti dikutip Kontan.co.id, Senin (7/5/2018).

BNI Virtual Account yang terakomodir dalam platform BNI e-Collection memiliki keunggulan antara lain diberikannya nama dan nomor virtual account sebagai nomor tujuan transfer, dapat mengidentifikasi pelanggan atau penyetoran, akan muncul di rekening koran (account statement) setiap transaksi.

Keunggulan lainnya adalah penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel BNI dan bank lain (kliring/RTGS/transfer antar bank online) baik dalam rupiah maupun valas, serta hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.(DD)