Dibuka 9 Hari, Sentra Vaksinasi di Istora Senayan Berhasil Memvaksin 50 Ribu Orang

Dibuka 9 Hari, Sentra Vaksinasi di Istora Senayan Berhasil Memvaksin 50 Ribu Orang
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN (Sumber: dok. KBUMN)

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan telah berhasil memberikan vaksin kepada 50 ribu warga Indonesia. Kegiatan vaksinasi gratis tersebut diperuntukkan bagi lansia dan pekerja layanan publik dan dilakukan dengan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemda DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Pencapaian tersebut melebihi target awal. Saat sentra tersebut dibuka di hari Senin, 8 Maret 2021, Erick Thohir, Menteri BUMN menyampaikan bahwa target perhari ditetapkan sebesar 5 ribu orang. 

“Ini awal yang baik karena dalam waktu sembilan hari sudah 50 ribu orang yang divaksin di Sentra ini. Saya mengapresiasi warga lansia yang datang ke Istora untuk divaksin,” ungkap Erick Thohir dalam keterangan resmi Kementerian BUMN.

Ia menyebutkan bahwa sebagian peserta vaksin yang sudah lansia bahkan rela mengantri dari pagi dan bahkan sebelum sentra tersebut dibuka. Sentra ini sendiri diinisiasi sebagai upaya percepatan program vaksinasi nasional tahap kedua dengan sasaran kalangan lansia dan pekerja layanan publik.

“Saya hargai semangat tinggi lansia, namun mohon tetap perhatikan kondisi fisik dan kesehatan, serta jangan sampai lelah karena datang terlalu pagi dan menunggu lama. Bagaimanapun para nakes dan panpel yang bertugas butuh persiapan," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir.

Berdasarkan data Pcare, jumlah peserta yang berhasil divaksin pada hari ini, Selasa 16 Maret 2021 mencapai 8.324 orang. Dari total peserta vaksin, 3.317 merupakan kalangan lansia dan 4.756 orang pekerja layanan publik. 

Jika jumlah tersebut ditambahkan dengan peserta sejak hari pertama sentra dibuka hingga Senin (15/3), maka totalnya mencapai 50.704 peserta berhasil divaksin.
Kementerian BUMN yang menjadi pelaksana Sentra Vaksinasi Bersama BUMN ini telah berkoordinasi dengan pihak Gelora Bung Karno untuk mengantisipasi membanjirnya warga lansia yang mendatangi kawasan Senayan.

Baca juga: Sentra Vaksinasi Covid-19 Hasil Kolaborasi Kemenkes, Grab dan Good Doctor Berhasil Lampaui Target