Dari Pelepasliaran Elang hingga Pendidikan, Bentuk Kepedulian Pertamina

Dari Pelepasliaran Elang hingga Pendidikan, Bentuk Kepedulian Pertamina
Ilustrasi : Pelepasliaran Elang Bondol / Foto : dok

Sebagai wujud kepedulian untuk melestarikan Elang Jawa, PT Pertamina (Persero) melakukan pelepasliaran Elang Jawa ke-37 dari pusat konservasi binaan Pertamina Geothermal Energi Area Kamojang yang sekaligus diisi dengan simbolisasi penyerahan bantuan yang rutin dilakukan sebesar Rp1,6 miliar.

Pelepasliaran tersebut  disaksikan langsung oleh Vice President CSR & SMEPP Pertamina Agus Mashud, Vice President Stakeholder Relations Tengku Mirasfi, dan GM Area Kamojang PGE Wawan Darmawan, Jumat 1 Maret 2019.

“Pendanaan yang kami berikan sejak 2015 ini dimaksudkan agar Pusat Konservasi Elang Kamojang dapat semakin fokus dalam menjaga keanekaragaman hayati sekaligus memacu lembaga lain ikut serta mendukung pelestarian Elang Jawa di konservasi ini,” jelas Agus Mashud dalam keterangan resmi, Sabtu 2 Maret 2019.

Agus Mashud berharap, bantuan ini dapat mengembangkan Pusat Konservasi Elang Kamojang lebih maju lagi.

Seperti diketahui, pendirian Pusat Konservasi Elang Kamojang merupakan inisiasi PGE bersinergi dengan BBKSDA Jawa Barat dan  Forum Raptor Indonesia.

Baca juga: Pertamina Raih Penghargaan Project Finance International Awards 2018

Menyikapi hal ini, Wawan menambahkan, selain untuk menjaga keanekaragaman hayati dari kepunahan, konservasi ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Masyarakat sekitar juga diberdayakan sebagai penyedia pakan elang. Bahkan, saat ini konservasi ini menjadi destinasi wisata edukasi,” kata Wawan.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian di bidang pendidikan, PGE Area Kamojang juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Annur Ibun yang berada di sekitar area PGE Kamojang sebesar Rp150 juta.

Bantuan tersebut rencananya digunakan untuk renovasi gedung PKBM. Selain itu, Pertamina juga memberikan perlengkapan sekolah untuk 90 siswa PKBM Annur Ibun senilai Rp22 juta.

Baca juga: Pertamina Beli 15% Saham Perusahaan Jepang JILCO

Bantuan tersebut diserahkan oleh Vice President CSR & SMEPP Pertamina Agus Mashud kepada Ketua Yayasan PKBM Annur Ibun Yanti Lidiyanti. Sedangkan bantuan perlengkapan sekolah, secara simbolis diserahkan oleh Vice President Stakeholder Relations Mirasfi kepada dua perwakilan siswa PKBM Annur Ibun, di Geothermal Information Center, Kamojang.

Agus Mashud berharap bantuan pendidikan ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa dan memotivasi PKBM Annur Ibun untuk semakin berkembang dalam mencerdaskan generasi muda Ibun, Kamojang.