Dahana Kembali Ekspor Bahan Peledak ke Australia, Jumlahnya Mencapai 86 Ton

Dahana Kembali Ekspor Bahan Peledak ke Australia, Jumlahnya Mencapai 86 Ton
Dahana ekspor bahan peledak ke Australia (Sumber: IG @ndhi_bumn)

PT Dahana (Persero) kembali mengekspor bahan peledak berjenis Cartridge Emulsion ke Australia. Ekspor yang dilakukan untuk kedua kalinya ini jumlahnya mencapai 86 ribu kilogram atau 86 ton. Jumlah ini jauh lebih besar atau mencapai lebih dari dua kali lipat dibanding ekspor pertama yang berjumlah 37,5 ribu kg di bulan Maret 2019 lalu.

 Di Australia, pembeli bahan peledak Dahana adalah Johnex Explosives Australia. Pengiriman bahan peledak dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 September 2019 lalu. Bahan peledak yang dibuat dengan teknologi canggih Dahana di Energetic Material Center (EMC) ini diberangkatkan dari Subang satu hari sebelumnya.

Baca juga: Dahana Bangun Fasilitas Produksi Bahan Baku Peledak

Keberhasilan ekspor yang dilakukan Dahana ini membuktikan bahwa produk bahan peledak buatan anak negeri mampu bersaing dan dibutuhkan di kancah global.

“Ini adalah bukti bahwa produk bahan peledak Dahana diakui kualitasnya oleh pengguna bahan peledak di Australia dan juga menunjukkan bahwa Dahana memiliki standar produk dan standar packaging yang memenuhi standar internasional untuk barang ekspor,” ungkap Bambang Agung, Direktur Operasi Dahana.

Selanjutnya, Agung juga berharap agar ekspor kali ini menjadi pembuka jalan untuk penjualan produk-produk lainnya ke pasar global.

“Kami berharap ada pembelian lanjutan oleh Johnex Explosives untuk produk bahan peledak emulsi kami, juga peluang memasarkan aksesoris peledak lainnya seperti non-elektrik detonator,” Bambang menambahkan.

Dampak positif lainnya dari ekspor keluar negeri adalah meningkatkan devisa negara. Selain itu, proses ekspor berpengaruh baik pada keseimbangan neraca perdagangan negara.

Baca juga: Pindad-Kemhan Jalin Kerja Sama Pengadaan Alutsista