Crown Group Pastikan Segera Bangun Waterfront Resort di Ancol Senilai Rp10 Triliun

Crown Group Pastikan Segera Bangun Waterfront Resort di Ancol Senilai Rp10 Triliun
Proyek waterfront resort yang akan dibangun Crown Group dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk./Sumber: Crown Group

Pengembang Crown Group yang berbasis di Sydney, Australia, yang awal tahun ini menggandeng PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk untuk membangun waterfront resort di Ancol, memastikan akan segera membangun dan meluncurkan proyek pertamanya itu di Indonesia.

Dengan investasi tak kurang dari Aus$1 miliar atau sekira Rp10 triliun. Di proyek seluas 9.000 m2 ini akan dibangun 2.000 apartemen upper class, marina, beach club dan dining precinct. Proyek prestisius Crown Group ini dirancang Koichi Takada.

CEO Crown Group Iwan Sunito mengungkapkan ini adalah proyek pertama Crown Group di Indonesia yang nota bene merupakan negara asalnya. “Kami akan segera bangun dan kemungkinan besar proyek ini akan kami launch di pertengahan 2020. Visinya adalah untuk menciptakan landmark di Indonesia yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya. Proyek ini terinspirasi dari Darling Harbour dan Circular Quay Sydney,” ujarnya.

Bila sesuai rencana, waterfront resort ini diluncurkan pertengahan 2020 dan akan rampung pada 2024 dengan 800 apartemen, gym, spa dan kolam renang. Sementara 1.500 unit apartemen lainnya akan dibangun di tahap kedua.

Baca juga: Pemerintah Perlonggar PPnBM, Ciputra Development Lirik Bangun Hunian Mewah

Sementara itu Bagus Sukmana, General Manager of Strategis and Cooporate Communication Crown Group yang dikonfirmasi Upperline Jumat (5/7) mengatakan total investasi yang dibenamkan Crown Group untuk proyek ini mencapai Aus$1 miliar atau sekira Rp10 triliun.

“Rencananya akan ada delapan tower dan dibangun dua tahap. Dari delapan tower itu, enam di antaranya merupakan apartemen strata-title, kemudian satu tower mixed use retail dan satu tower khusus hotel. Pada tahap pertama akan dilakukan pada pertengahan 2020. Crown group akan membangun empat tower di stage A. Kalau semua lancar kita sudah bisa meluncurkan apartemen stage A dengan konsep satuan Marina yang menjadi proyek pertama Crown Group di luar Australia,” katanya.

Bagus mengatakan bahwa proyek Crown Group menjadi satu satunya di Ancol yang memiliki akses khusus ke pantai dengan waterfornt yang menjorok dan memiliki kawasan untuk komunitas yang ingin melakukan kegiatan bersama.

Selain itu, pihaknya juga memberikan fasilitas coworking space dan coliving dalam apartemen tersebut, sehingga para penghuni tidak terlalu jauh untuk bekerja dan dapat bekerja di tempat tinggal mereka.

Saat ini, progres pembangunan delapan apartemen tersebut masih dalam tahap perizinan, namun Bagus optimistis apabila proses lancar maka 2020 bisa diluncurkan.

Baca juga: Gaji Tak Lebih dari 7 Juta? Masih Bisa Ajukan Hunian Bersubsidi dari Perumnas