ConocoPhilips Komit Lanjutkan Operasi di Blok Corridor

ConocoPhilips Komit Lanjutkan Operasi di Blok Corridor
Menteri ESDM Ignasius Jonan bertemu dengan ConocoPhillips untuk membahas nasib Blok Corridor. (Sumber: Kementerian ESDM)

Perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat, ConocoPhillips, menyatakan komitmennya untuk terus mengoperasikan Blok Corridor di Sumatera Selatan. Pernyataan tersebut diungkapkan ketika Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja. 

Jonan bertemu dengan CEO Conoco Phillips Ryan Lance pada Rabu (22/5) waktu setempat. Pertemuan difokuskan untuk membahas kelanjutan operasi ConocoPhilips di Blok Corridor. Hak kelola Blok Corridor akan berakhir pada tahun 2023. Saat ini blok tersebut menyumbang sekitar 17 persen dari total produksi gas di Indonesia.

Menurut keterangan resmi ESDM, 23 Mei 2019, pemerintah mengedepankan pendekatan business to business dalam kerangka penerimaan negara yang lebih maksimal untuk memastikan kelanjutan operasi blok tersebut.

Baca juga: Temui Inpex, Menteri ESDM Ingin Masela Segera Dikembangkan

Pertemuan dilanjutkan dengan EVP Upstream Chevron James W. Johnson, untuk membahas beberapa isu antara lain Blok IDD dan transisi Blok Rokan kepada Pertamina. 

Sebelum ke Houston Jonan bertemu dengan CEO Freeport McMoran dan mengunjungi area operasi tambang tembaga di Morenci, Arizona. Jonan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 24 Mei.

Baca juga: Menanti Indonesia Tak Lagi Impor Minyak Mentah dan BBM