Cek Tagihan BPJS secara Online Bisa dengan Aplikasi LinkAja

Cek Tagihan BPJS secara Online Bisa dengan Aplikasi LinkAja
Ilustrasi BPJS Kesehatan (Sumber: dok. LinkAja)

Pemerintah menyediakan jaminan kesehatan bagi masyarakat dalam bentuk BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan ini sifatnya wajib bagi semua warga Indonesia dengan iuran bulanan yang beragam tergantung kelas. Untuk masyarakat miskin, pemerintah bahkan menggratiskan iurannya.

Nah, jika kalian ingin tahu berapa jumlah tagihan BPJS secara online, salah satu caranya adalah lewat aplikasi LinkAja. Bagaimana caranya?

Yang pertama adalah mengunduh aplikasi LinkAja melalui App Store atau Play Store. Kemudian, daftarkan diri Anda dengan mengisi data diri sesuai petunjuk.

Jika sudah terdaftar, langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman utama dan lihat di daftar menunya. Klik menu Beli/Bayar Tagihan, lalu pilih Asuransi. Selanjutnya klik pada menu BPJS Kesehatan.

Setelah terbuka, input ID Pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Jika data yang dimasukkan sudah benar, maka pelanggan akan melihat data nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan dan total pembayaran.

Selain melihat tagihan, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran di aplikasi LinkAja. Dan tak hanya BPJS Kesehatan, LinkAja juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Bayar Tiket MRT Jakarta dengan LinkAja Diskon 50%