Cegah Virus Monkeypox, Angkasa Pura I Perketat Pengawasan Penumpang dari LN

Cegah Virus Monkeypox, Angkasa Pura I Perketat Pengawasan Penumpang dari LN
PT Angkasa Pura I (Persero) memperketat pengawasan terhadap penumpang dari penerbangan luar negeri untuk mencegah wabah cacar monyet masuk ke Indonesia. (Sumber: Angkasa Pura 1)

PT Angkasa Pura 1 (Persero) memperketat pengawasan terhadap kesehatan penumpang internasional untuk mencegah importasi virus cacar monyet (monkeypox) ke Indonesia. Hal ini dilakukan seiring dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengawasan lebih intensif kepada kru dan pelaku perjalanan dari Singapura dan negara-negara Afrika Barat serta Afrika Tengah.

“Sebagai pengelola bandara internasional yang menjadi gerbang utama masuknya wisatawan ke Indonesia, kami telah mengidentifikasi potensi ancaman virus tersebut untuk masuk ke Indonesia, khususnya melalui bandara internasional yang dikelola Angkasa Pura I,” kata Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Baca juga: Menteri BUMN Harap Bandara Jenderal Besar Soedirman Beroperasi 2020

Korporasi, kata Faik Fahmi, mencegah masuknya virus tersebut melalui pemasangan alat deteksi suhu tubuh atau thermoscan di beberapa titik area kedatangan. Pemasangan thermal detector tersebut diletakkan di depan pintu kedatangan, sebelum area pengambilan bagasi.

“Kami menghimbau kepada setiap penumpang yang bepergian dari dan ke Singapura untuk selalu waspada terhadap setiap potensi wabah tersebut. Jangan lupa untuk mengenakan masker yang menutupi hidung dan mulut, selalu cuci tangan, dan jika Anda merasa tidak sehat, jangan ragu untuk melaporkan kondisi Anda kepada awak pesawat di pesawat atau petugas bandara pada saat kedatangan,” tambah Faik Fahmi.

Baca juga: Bandara Internasional Yogyakarta Segera Beroperasi, AP I Lakukan Serangkaian Simulasi