Catatan Apik Pertamina EP di Industri Hulu Migas

Catatan Apik Pertamina EP  di Industri Hulu Migas
seremonial syukuran HUT PEP dengan tema Sinergi, Akselerasi, Eksekusi/Sumber: Pertamina

Hingga awal September tahun ini, Pertamina EP (PEP) terus mencatatkan prestasi kinerja yang luar biasa di industri hulu migas dalam negeri. Hal itu diutarakan Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf dalam seremonial syukuran HUT PEP dengan tema Sinergi, Akselerasi, Eksekusi, baru-baru ini.

"Puji syukur Alhamdulillah, PEP termasuk top ten KKKS besar di Indonesia, ditambah lagi dengan adanya kenaikan produksi minyak sebesar 82.327 BOPD per Agustus 2019 dibandingkan dengan realisasi Agustus 2018 sebesar 77.248 BOPD dan realisasi gas 966 MSCFD per Agustus 2019 dibandingkan dengan realisasi Agustus 2018 sebesar 1.021 MMSCFD. Sedangkan untuk laba bersih per Agustus sudah mencapai USD440 juta," jelas Nanang dalam keterangan resmi, Minggu 15 September 2019.

Baca juga: Pertamina EP Raih Kenaikan Produksi Sumur di Bulan Ramadan

Lebih lanjut, Nanang menerangkan strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target produksi yang telah ditetapkan.

“Kami mempunyai strategi antara lain adalah Comply Aspek HSSE, Fokus Eksekusi Program Kerja (Bor, WO, WI dan WS) yang sudah direncanakan, Monitor Terintegrasi Proses Pengadaan, Monitoring Progres Fisik dan Biaya Secara Rutin, Sinergi Antar Fungsi sebagai dasar eksekusi RK, serta Cost Effectiveness. Dengan adanya sinergi antar fungsi yang harmonis, kami yakin dapat mendukung pencapaian sampai akhir tahun," imbuhnya.

Selain produksi, PEP juga berhasil menorehkan berbagai macam prestasi antara lain dalam bidang inovasi yang diinisiasi dari insan PEP, PEP mendapatkan penghargaan Best of the Best Annual Pertamina Quality Awards (APQA) tahun 2019 dengan 11 tim yang berhasil meraih 5 platinum dan 6 gold.

Di bidang citra perusahaan, PEP mendapatkan penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019 kategori anak usaha BUMN terpopuler di media online, selain itu PEP juga berhasil membawa pulang penghargaan Best Implementation of Synergy serta Runner Up People Development dalam ajang Annual Pertamina Subsidiary Award (APSA).

Tentunya seluruh pencapaian yang berhasil diraih tidak lepas dari dukungan pemangku kepentingan. PEP senantiasa berkomitmen sesuai dengan visi misi CSR agar maju dan berkembang bersama masyarakat, terutama di wilayah kerja perusahaan.

Keberhasilan PEP di bidang pemberdayaan masyarakat dibuktikan dengan diraihnya empat penghargaan Indonesia SDgs Award, Juara 1 Community Involvement and Development APSA, dan diraihnya empat Proper predikat emas pada tahun 2018.

“Komitmen PEP terhadap pemberdayaan masyarakat akan terus kami tingkatkan. Kami mohon doa dan dukungan sehingga kami akan terus berkontribusi terhadap lingkungan sekitar, terutama untuk mendapatkan penghargaan tahunan Proper yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2019 ini," tutupmya.  

Baca juga: Pertamina Group Teken Kontrak Sinergi Rp3,5 Triliun