Cara Tokopedia Tawarkan Hasil Karya Kaum Difabel

Cara Tokopedia Tawarkan Hasil Karya Kaum Difabel
Cara Tokopedia Tawarkan Hasil Karya Kaum Difabel/Sumber: Tokopedia

Tokopedia berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan Precious One mengapresiasi berbagai hasil kerajinan tangan berkualitas seperti masker kain, tempat tisu, tas, boneka, bandana, mainan masyarakat difabel dengan menawarkan karyanya melalui Precious One Official Store.

“Kolaborasi kami dengan Precious One merupakan salah satu semangat dari kampanye #JagaEkonomiIndonesia, komitmen Tokopedia dalam mendorong lebih banyak lagi kreator lokal berani menciptakan peluang di ranah online agar roda ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi seperti ini, tidak terkecuali teman-teman difabel,” jelas AVP of Business Tokopedia, David Kartono dalam keterangan resmi, Selasa 14 April 2020.

David menambahkan, masyarakat juga bisa mendapatkan masker kain katun ramah lingkungan dengan mudah melalui Precious One Official Store. Hal ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk mengenakan masker mulut terutama saat berada di luar rumah demi menekan laju penyebaran COVID-19.

Precious One sendiri didirikan pada 2004 untuk membantu masyarakat difabel mendapatkan kesempatan berkarya dan bekerja. Saat ini, ada 28 difabel seperti tuna rungu dan tuna daksa yang bergabung dan diberikan berbagai pelatihan memproduksi kerajinan tangan berkualitas.  

“Kami mengapresiasi dukungan Tokopedia terhadap pemberdayaan difabel, khususnya melalui produksi kerajinan tangan berkualitas. Kami berharap kolaborasi ini dapat membuka kesempatan lebih luas bagi siapa pun untuk menggerakkan roda perekonomian secara digital, terutama di tengah pandemik,” ucap Ratnawati Sutedjo selaku Founder Precious One.

Precious One selalu memastikan kesehatan dan keselamatan anggotanya, terutama saat pandemi COVID-19 berlangsung. Beberapa langkah yang dilakukan termasuk melakukan pembersihan berkala rumah produksi, mewajibkan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki rumah produksi, tes suhu tubuh, memakai masker, mengonsumsi vitamin C yang disediakan hingga menjaga jarak. Anggota Precious One juga disarankan untuk membawa bekal dari rumah dan minum air putih yang cukup.

Di sisi lain, Tokopedia mengklaim sejak awal telah melakukan berbagai upaya melawan COVID-19 bersama para mitra strategis, baik pengguna, lembaga kemanusiaan, logistik, pemerintah dan institusi lain, hingga Nakama (karyawan Tokopedia).

“Salah satu contohnya, kami menerapkan kebijakan work from home kepada seluruh Nakama, tidak terkecuali bagi teman-teman difabel, yang sebelum pandemi ini, sehari-hari bekerja di Tokopedia Care Yogyakarta,” pungkasnya.

Baca juga: Cara Tokopedia Perangi Covid-19