Buka Rute Baru Jakarta – Timika, Batik Air Mulai Terbang 28 Oktober Nanti

Buka Rute Baru Jakarta – Timika, Batik Air Mulai Terbang 28 Oktober Nanti
Batik Air dengan tipe pesawat Airbus 320-200CEO. (Sumber: Marthunis)

Maskapai Batik Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group meresmikan rute baru non-stop Jakarta – Timika, Papua. Penerbangan pulang pergi tersebut akan efektif beroperasi pada 28 Oktober 2019.

Perjalanan akan dilayani dengan armada terbaru Airbus A320-200 yang berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi. Setiap harinya, Batik Air akan melakukan satu kali perjalanan pulang pergi.

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK), pesawat akan lepas landas pada pukul 00.05 WIB (Waktu Indonesia Barat). Setelahnya, pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Mozes Kilangin, Timika, Papua (TIM) pada 07.15 WIT (Waktu Indonesia Timur). Penerbangan pertama ini akan dilayani dengan nomer penerbangan ID-6186.

Selanjutnya, untuk rute balik dari Bandara Mozes Kilangin, Timika menuju Bandara Soekarno-Hatta, akan dilayani dengan nomor penerbangan ID-6187. Pesawat berangkat dari Timika pukul 07.55 WIT dan dijadwalkan tiba di Jakarta sekitar 5 jam kemudian yakni pukul 10.50 WIB.

Pemilihan Timika sebagai destinasi baru Batik Air tak lepas dari potensi daerah tersebut, baik itu di bidang industri, jasa maupun pariwisata. Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Timika misalnya saja Taman Nasional Lorentz yang menonjolkan kekayaan hayati. Utamanya bagi pegiat fotografi outdoor, tempat ini menjanjikan panorama yang menawan.

Sementara itu, Jakarta adalah ibu kota negara, pusat bisnis dan pemerintahan. Dengan adanya rute nonstop dari Timika, mobilisasi penduduk di Papua semakin mudah.

Di sisi lain, Batik Air juga mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisata asing dan nusantara. Batik Air pun sangat berharap, penerbangan tersebut bisa berdampak positif dalam membantu peningkatan potensi bisnis, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sektor lain di kedua kota.

Baca juga: Batik Air Kenalkan Pesawat Baru Jenis Airbus A320-200CEO