BRI Kucurkan KUR Sebesar Rp1,7 Triliun di Mamuju Sulawesi Barat

BRI Kucurkan KUR Sebesar Rp1,7 Triliun di Mamuju Sulawesi Barat

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatat telah mengucurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp1,7 triliun untuk sekitar 71 ribu debitur di Mamuju, Sulawesi Barat. Ini merupakan upaya Persroan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi pada sejumlah daerah yang memiliki prospek kegiatan ekonomi yang pesat.

Kabupaten Mamuju sendiri merupakan daerah yang berpotensi besar dalam perikanan, perkebunan kakao dan sawit, serta pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Di Mamuju ini, kami sudah menyalurkan KUR sebesar Rp1,7 triliun untuk sekitar 71 ribu debitur. Kebanyakan debitur kami ialah UMKM,” ungkap Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Agus Suprihanto, dalam keterangannya yang dilansir Suara.com, Senin (20/8/2018).

Agus mengakui, secara ekonomi masyarakat Mamuju terus tumbuh. Terbukti, pembangunan rumah dan tempat ibadah terus berjalan. “Warga mampu terus membangun rumah dan masjid, itu menunjukkan mereka memiliki penghasilan yang bisa disisihkan,” jelas Agus.

Sementara itu, Direktur Keuangan BRI, Haru Koesmahargyo, menambahkan bahwa selain dengan pengucuran KUR, BRI pun mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat dengan membuka tiga kantor cabang di tiga daerah.

“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat, kami pun sudah membuka tiga kantor cabang yakni Majene, Polewali Mandar, dan Mamuju. Keberadaan ketiganya juga diperkuat dengan pendirian 30 kantor unit,” ujar Haru, seperti dikutip Medcom.id, Senin (20/8/2018).

Haru menerangkan, potensi serta pertumbuhan wilayah di Sulawesi Barat, khususnya Mamuju, masih sangat besar karena pesatnya peningkatan pasar UMKM. Seperti rata-rata nasional daerah lain di Indonesia, pertumbuhan ekonomi di Mamuju kini tumbuh 2,5% per tahun. Karena itu, BRI terus berencana mengembangkan sayap dengan membuka kantor cabang dan kantor unit.(DD)