BRI Kenalkan Halal Mall di Tokopedia

BRI Kenalkan Halal Mall di Tokopedia
Supari, Direktur Ritel dan Menengah Bank BRI, Sapta Nirwandar, Ketua IHLC (Indonesia Halal Lifestyle Center), Nuraini Razak, VP of Corp Communicatoon Tokopedia, dan Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI (Sumber: BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama BRI Syariah terus mendorong kemajuan industri halal di Indonesia dengan memfasilitasi UMKM binaan yang memproduksi produk Halal atau yang sudah memiliki sertifikasi Halal untuk Go Online melalui toko online yakni “Halal Mall” sebagai official store berbasis halal pertama di Tokopedia.

Peluncuran Halal Mall menggandeng Tokopedia sebagai partner rekanan e-commerce yang berlangsung di BRI Innovation Center, Jakarta 6 Mei 2019.  

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, dengan keberadaan Halal Mall masyarakat diberikan kemudahan untuk berbelanja barang-barang halal di Tokopedia.

Baca juga: Tumbuh 10,42 Persen, BRI Bukukan Laba Rp8,20 Triliun

“Masyarakat cukup mengunjungi situs Tokopedia dan mengetik Halal Mall di kolom pencarian toko lewat ponsel atau gadget mereka. Selain produk makanan dan minuman yang telah bersertifikasi Halal, saat ini masyarakat juga dapat menemukan produk-produk busana muslim di Halal Mall ini,” kata Handayani, dalam keterangan resmi di hari yang sama.

Tak bisa dipungkiri, Indonesia memiliki peluang bisnis yang tinggi di industri e-commerce beserta Halal lifestyle-nya. Menurut Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia. Dengan 85% penduduk muslim, tentu saja menjadi potensi tersendiri bagi UMKM Halal di Indonesia.

Produk UMKM halal di Indonesia sebenarnya banyak yang memiliki keunikan tertentu dan jarang sekali kita temukan di pasaran. Kondisi inilah yang menyebabkan Bank BRI bekerja sama dengan Tokopedia untuk membuat program Halal Mall yang membantu UMKM binaan produk halal untuk berjualan online dengan lebih mudah di official store Halal Mall Tokopedia.

Baca juga: BRI Syariah Rangkul Paytren Tingkatkan Layanan Digital

“Untuk tahap awal akan ada 50 UMKM yang akan dimasukkan, di mana semua proses UMKM untuk online kita bantu, dari foto produknya, meng-upload hingga melayani pertanyaan dan pesanan dari calon pembeli, semuanya diurus oleh Bank BRI. Melalui program ini kami berharap BRI dapat berkontribusi lebih dalam mendorong dan memajukan UMKM lokal serta Industri Halal di Indonesia,” ungkap Handayani.

Hal senada disampaikan Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak yang juga menyambut baik kerja sama dengan Bank BRI. Hal ini terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk halal, terutama saat menyambut bulan suci Ramadan.

“Melalui kolaborasi dengan Bank BRI, kami berharap kehadiran Halal Mall di Official Store Tokopedia menjadi pilihan pasti bagi konsumen untuk mencari produk halal. Kami selalu berkomitmen untuk mewujudkan visi pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, salah satu upaya kami yaitu mendukung dan memajukan UMKM lokal dengan memanfaatkan teknologi” pungkasnya.