BRI Catat Kenaikan Transaksi Internet Banking 103,4%

BRI Catat Kenaikan Transaksi Internet Banking 103,4%
Ilustrasi: Gedung BRI/Sumber: BRI

Sepanjang tahun 2019, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mencatatkan transaksi Mobile Banking BRI 370,5 juta transaksi atau naik 16,7% year-on-year (yoy). Sedangkan Internet Banking BRI tercatat 1,1 miliar transaksi atau naik 103,4% yoy.

"Hal ini mencerminkan masyarakat yang semakin menggemari transaksi digital banking milik Bank BRI yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan," kata Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto dalam keterangan resmi, Selasa 11 Februari 2020.

Tercatat, hingga akhir tahun 2019, transaksi di kantor cabang BRI menjadi 10,1% dari seluruh total transaksi atau turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,9%.

Hal ini dikarenakan masyarakat yang semakin jarang bertransaksi di kantor cabang BRI karena pesatnya pertumbuhan transaksi menggunakan e-channel BRI, seperti Agen BRILink yang mencapai 422.160 agen di seluruh Indonesia.

Hingga akhir tahun 2019, jumlah transaksi finansial Agen BRILink mencapai 521 juta transaksi, atau tumbuh 37,6% yoy.

Pertumbuhan yang pesat ini disebabkan oleh pengembangan fitur secara terus menerus sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam transaksi keuangan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang konvensional.

"Agen BRILink menyediakan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking) terbukti mendukung keuangan inklusif di tengah masyarakat. Keberadaannya telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank BRI," ucapnya.

Saat ini, Agen BRILink sudah terdapat di 51.661 desa di seluruh Indonesia. Hal ini semakin mendekatkan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: AgenBRILink Catatkan Volume Transaksi Rp673 Triliun