Brantas Abipraya Raih Penghargaan Digital Technology & Innovation 

Brantas Abipraya Raih Penghargaan Digital Technology & Innovation 
Salah satu proyek Brantas Abipraya (Sumber: dok. Brantas Abipraya)

PT Brantas Abipraya (persero) berhasil menyabet Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021. Perseroan menyebut penghargaan ini sebagai salah satu buah manis dari kerja kerasnya yang tak henti melakukan transformasi digital.

Ajang penghargaan sendiri diselenggarakan atas kerja sama FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT, Kementerian Perindustrian dan Majalah ITech. Brantas Abipraya telah mengikuti proses penjurian sejak tanggal 16 Maret 2021.

“Kami selalu bertransformasi untuk meningkatkan kinerja dan performa, salah satunya dengan menerapkan BIM (Building Information Modelling) sejak tahun 2020," ungkap Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan.

Ia menambahkan bahwa persero juga telah mengantongi ISO 19650 untuk implementasi BIM tersebut. Pemerolehan ISO 19650 di awal Maret lalu ini telah membuktikan bahwa Brantas Abipraya adalah BUMN konstruksi yang telah BIM Ready. 

Brantas Abipraya menyokong sumber daya manusia (SDM) dalam hal penguasaan teknologi berupa BIM untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Penerapan BIM atau model virtual gedung yang dibuat secara digital, menggunakan konsep VDC (Virtual Design Construction) sebagai project controlling data BIM. 

Selain meningkatkan kinerja, hal ini pun dapat meminimalisir risiko proyek dan mempermudah pelaksanaan proyek. Brantas Abipraya berharap teknologi digitalisasi industri konstruksi VDC ini dapat meningkatkan daya sainh BUMN. 

Baca juga: Pasca Diresmikan Jokowi, Bendungan Tukul Siap Dioperasikan