BNI - Vamos Kirim 19 Pesepak Bola Muda Indonesia untuk Sekolah di Spanyol

BNI - Vamos Kirim 19 Pesepak Bola Muda Indonesia untuk Sekolah di Spanyol
Pesepak bola yang akan belajar di akademi di Spanyol (Sumber: Kementerian BUMN)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menandatangani perjanjian kerja sama dengan Yayasan Vamos Indonesia untuk mencetak pemain sepak bola berkualitas pada 21 Agustus 2019. Mereka akan memberangkatkan 19 pesepak bola muda ke Spanyol untuk berlatih di akademi sepak bola Palencia, Cordoba, dan Santander.

Adapun pelepasan Tim Sepak Bola BNI Vamos Indonesia, dilakukan di Menara BNI Sudirman. Achmad Baiquni, Direktur Utama BNI beserta Founder Yayasan Vamos Indonesia, Fanny Irawan turut hadir dalam pelepasan tersebut.

Dukungan dari BNI ini adalah awal dari perjuangan panjang dunia sepak bola Indonesia untuk bisa unggul dalam berbagai kompetisi internasional. Tentunya, masih banyak dibutuhkan dorongan dan dukungan berbagai pihak untuk menciptakan tim nasional yang bisa diandalkan.

Baca juga: BNI Berikan Layanan Perbankan Digital ke Pekerja Migran Indonesia di Hongkong

Peningkatan kualitas persepakbolaan Indonesia memang menjadi perhatian khusus pemerintah. Hal itu terbukti dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 03 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Instruksi ini ditujukan kepada 11 kementerian, 2 lembaga negara, serta para pemimpin daerah.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengapresiasi inisiasi yang telah dilakukan BNI dalam mendukung persepakbolaan nasional. “Saya senang BNI sudah memulai ini. Saya benar-benar menekankan pentingnya peran BUMN untuk kemajuan atlet-atlet yang berbakat sehingga mereka bisa sukses ke depannya,” ungkap Rini.

Ia juga berharap bahwa langkah positif ini dapat diikuti oleh BUMN-BUMN lainnya. Dan tentunya tidak hanya ke Spanyol, ia ingin ke depannya akan lebih banyak lagi negara yang mau bekerja sama.

Yayasan Vamos Indonesia sendiri memiliki program yang nyata sejak 2016. Di antara berbagai program yang ada, salah satunya adalah mencari bibit atlet sepak bola Indonesia yang berbakat secara profesional. Bibit-bibit unggul tersebut dikirim untuk mengikuti akademi di Spanyol selama 2 tahun dan ikut bertanding di liga-liga Spanyol.

Baca juga: BNI Bersama Pindad dan PTDI Bersinergi di Program CSR