BNI Dorong Literasi Keuangan di Morotai

BNI Dorong Literasi Keuangan di Morotai
Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (kedua kanan) dan Bupati Morotai Benny Laos (kanan) mengamati proses pemotongan ikan tuna di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Morotai/Sumber: BNI

BNI mendorong literasi keuangan dan memudahkan transaksi keuangan bagi warga Morotai, mulai dari menebar mesin-mesin ATM ke pelosok hingga mendirikan Kantor Cabang (KC) BNI.

Corporate Secretary BNI Meiliana mengatakan, KC BNI Morotai telah mengakomodir kebutuhan 11.000 nasabah. Salah satunya adalah Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). SKPT merupakan tempat one stop service terkait hasil laut.

BNI Morotai juga mendapatkan kepercayaan untuk menggarap program pemerintah, kartu Morotai Sejahtera yang mendistribusikan bantuan dari pemerintah daerah kepada warga kurang mampu.

"Sampai saat ini, jumlah rekening yang ditujukan untuk lansia, janda cerai mati, disabilitas dan anak yatim telah mencapai 4.005 rekening. Untuk memperluas layanan BNI, BNI telah memiliki 32 Agen46 yang tersebar di Pulau Morotai," ujar Meiliana dalam keterangan resmi, Kamis 10 Oktober 2019.

Tersebarnya Agen46 di Pulau Morotai menjadikan pembukaan rekening BNI, tarik/setor tunai, transfer, transaksi uang elektronik serta berbagai layanan pembayaran seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, hingga BPJS tidak lagi tersentralisasi di KC BNI Morotai.

Per Agustus 2019, BNI telah memiliki sebanyak 128.431 Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani kebutuhan layanan perbankan nasabah.

Menyikapi hal ini, Bupati Morotai Benny Laos mengapresiasi BNI yang hadir di Morotai yang menggandeng masyarakat untuk menjadi Agen46, mendistribusikan kartu Morotai Sejahtera, serta menyalurkan kredit usaha. Saya berharap BNI akan terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Morotai.

Sebagai informasi, Per Agustus 2019, BNI telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp73,9 triliun kepada 260 ribu debitur. Hadirnya BNI KC Morotai pada 2016 lalu turut menggenjot penyaluran kredit BNI.

Baca juga: BNI Dorong Petani Terapkan Smartfarming