BNI dan Grab Teken Nota Kesepahaman Digital Financial Solution

BNI dan Grab Teken Nota Kesepahaman Digital Financial Solution
BNI dan Grab Teken Nota Kesepahaman Digital Financial Solution/Sumber: BNI

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan Grab menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk kolaborasi kerja sama strategis berbasis inovasi teknologi.

Penandatanganan dilakukan oleh Anggoro Eko Cahyo selaku Direktur Bisnis Konsumer, BNI dan Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia yang juga disaksikan oleh Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia dan Ongki Kurniawan selalu Executive Director Grab Indonesia di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Kemitraan strategis antara BNI dan Grab ini akan mencakup kerja sama yang bersifat menyeluruh mulai dari B2B hingga B2C. Untuk B2B yang sudah berjalan saat ini adalah penyediaan layanan BNI Cash Management System yang memberi kemudahan mitra pengemudi Grab untuk mencairkan dana dengan menggunakan rekening BNI.

Sementara untuk kerja sama B2C-nya, terdapat beberapa kolaborasi seperti pembayaran pelanggan korporat dalam layanan Grab for Business dengan menggunakan Kartu Kredit BNI, penyediaan layanan GrabWheels dan taksi GreenLine di Grha BNI dan Menara BNI Pejompongan, serta inisiatif lainnya terkait produk tabungan dan fasilitas kredit dari BNI guna meningkatkan akses finansial bagi para mitra Grab di seluruh Indonesia.

“Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terciptanya sinergi ini. Kemitraan ini diharapkan dapat melengkapi berbagai inisiatif kaya manfaat yang telah diluncurkan oleh Grab bersama dengan BNI selama ini. Ke depannya, kami berharap untuk terus menghadirkan inisiatif-inisiatif baru yang mencakup aspek finansial agar dapat membantu keseharian mitra pengemudi Grab, nasabah, dan karyawan BNI,” jelas Anggoro Eko Cahyo dalam keterangan resmi.

Menurut Anggoro Eko Cahyo, kolaborasi ini didasari oleh komitmen Grab sebagai everyday everything app untuk selalu memberikan solusi berbasis inovasi teknologi yang relevan.

Menyikapi hal ini, Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia. menambahkan, fokus perusahaan adalah menghubungkan dan menyediakan akses yang tidak terbatas pada produk dan layanan, namun juga pada berbagai peluang mendorong terjadinya perkembangan personal dan ekonomi para pengguna melalui pemanfaatan teknologi.

“Kami sangat senang dapat merealisasikan komitmen tersebut melalui kerja sama strategis dengan BNI, yang tidak hanya terfokus pada upaya peningkatan akses finansial bagi mitra kami melalui produk tabungan dan fasilitas kredit BNI, tapi juga menghadirkan beragam terobosan solusi korporasi yang mendorong kemajuan bisnis para pengguna melalui layanan B2B seperti API Management BNI, Cash Management System, dan Kartu Kredit Corporate BNI,” pungkasnya.

Terkait kerja sama ini, kedua belah pihak bersepakat untuk kolaborasi peningkatan akses layanan finansial baik bagi mitra pengemudi, pelanggan, pegawai, hingga partner corporate BNI dan Grab.

Melalui kerja sama Cash Management System, BNI menyediakan cash management system bagi Grab berupa One Gate Payment. Kerja sama tersebut bertujuan untuk memudahkan para mitra Grab dalam proses pencairan dana dari e-wallet mereka ke rekening BNI. Pada sistem ini, BNI memberikan layanan pencairan dana instan untuk para mitra Grab.

Adapun melalui kerja sama Layanan pelanggan korporat, Grab dan BNI menjalin kerja sama strategis untuk layanan Grab for Business, solusi digital untuk pengelolaan pengeluaran transportasi yang fleksibel, transparan, dan aman termasuk perlindungan asuransi dan akses bantuan layanan pelanggan.

Layanan ini menawarkan produktivitas, efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya, serta pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk kalangan profesional dengan pemanfaatan kartu kredit corporate BNI sebagai metode pembayaran.

Melalui kerja sama ini para pengguna layanan Grab for Business dapat menikmati kemudahan pembayaran dengan kartu kredit BNI sebagai metode pembayaran utama dengan sistem yang transparan dan dapat langsung diakses secara real-time melalui portal terpadu Grab for Business.

Sementara dengan kerja sama Layanan transportasi terintegrasi, Grab menghadirkan GrabWheels yang merupakan layanan e-scooter listrik ramah lingkungan, di kawasan kantor BNI, yaitu Menara BNI Pejompongan dan Grha BNI.

Baca juga: BNI Gelar Program Cetak 1.000 Agripreneur